Home / Cara Root / Cara Mengubah Hp Android Menjadi CCTV / Kamera Pengawas Tanpa Alat Dan Root

Cara Mengubah Hp Android Menjadi CCTV / Kamera Pengawas Tanpa Alat Dan Root

Ingin mencoba menjadikan Hp Android kalian sebagai kamera CCTV? Kalian bisa melakukannya tanpa bantuan sebuah alat dan juga tanpa harus di root terlebih dahulu. Silahkan simak tutorialnya yang kami bagikan disini.

CCTV (Closed Circuit Television) biasanya di sebut kamera pengawas yang ditempatkan di suatu tempat agar bisa kita pantau daerah yang terjangkau dengan kamera pengawas ini. CCTV ini termasuk cukup mahal daripada membeli CCTV lebih baik menggunakan smartphone Android kita.

Untuk menjadikan Hp Android sebagai CCTV yang kita butuhkan hanya sebuah aplikasi yang terinstall di Android kita yaitu “IP WebCAM“, sebenarnya masih banyak aplikasi yang serupa yang terdapat di Play Store.

Aplikasi IP Webcam ini sangat mudah digunakan dan memiliki banyak fitur serta pengaturan yang akan membuat kalian semakin terlihat canggih. Bahkan aplikasi ini telah mendukung video dengan kualitas tinggi (HQ) serta audio streaming.

Nah, untuk kalian yang masih belum mengerti cara menggunakan IP Webcam di Android agar bisa kita gunakan sebagai kamera pengawas (CCTV) bisa kalian ikuti panduan lengkapnya dibawah ini.

Cara Menjadikan Android Sebagai Kamera CCTV Via IPWEBCam

  1. Download dan Install aplikasi IPWEBCam pada Google Play Store langsung di Android kalian.
  2. Setelah aplikasi sudah siap, aktifkan Tethering Wifi Sharing di Hp Android.
  3. Buka aplikasi IPWEBCam. Setelah itu, kemudian kalian atur seperti resolusi video, efek, pendeteksi gerakan (motion detection), mode audio hingga pada tampilannya.
  4. Berikutnya, Tekan “Start Server”. Maka kamera akan mulai bekerja dan akan menunjukkan alamat IP berupa angka.
  5. Buka browser Mozzila atau Chrome pada Tablet/HP/Laptop/PC kalian.
  6. isikan IP Address dan Port yang tertera tadi pada alamat browser di PC/ Laptop. Contoh format penulisan: http://123.456.789:8080/
  7. Jika berhasil dengan benar, gambar yang tertangkap kamera akan tampil di PC / Laptop kita

Sekarang kalian sudah bisa mengawasi ruangan dengan kamera CCTV yang berasal dari Hp Android, tapi perlu juga diingat bahwa jarak tidak bisa lebih dari 10 Meter.

Demikianlah tips Android hari ini mengenai cara mengubah Android kita sebagai CCTV tanpa root. Semoga dengan adanya tutorial ini pengalaman menggunakan Android semakin bertambah.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *