Home / Tips Android / Cara Backup Dan Restore WA Agar Bisa Di Pindahkan Ke Hape Lain

Cara Backup Dan Restore WA Agar Bisa Di Pindahkan Ke Hape Lain


Kehadiran Whatsapp sebagai salah satu layanan instant messenger sangat mendapat respon yang baik dari penggunanya sehingga menjadi aplikasi yang paling populer tidak hanya di indonesia saja bahkan di berbagai belahan dunia. Saya sendiri juga hampir setiap hari menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi, secara perlahan bisa dibilang WhatsApp mulai menggantikan SMS dan BBM yang sering saya gunakan.

Hampir setiap bulan kita mendengar ada saja smartphone baru di rilis dan mungkin ada sebagian dari kita bisa di bilang suka berganti hp, seperti saya ini yang hampir tiap tahun ganti hp android, bukan bearti saya kaya loh tapi hasil barteran dengan teman sesama pengguna android.

Baca Juga

Dengan bergantinya hp kita pastinya kalian akan mulai dari awal lagi menginstall aplikasi dan game yang kalian senangi termasuk Whatsapp ini dan semua data-data juga harus dipindahkan secara manual. Karena aplikasi WhatsApp ini berbeda dengan media chatting lainnya yang semua pesannya tersimpan di server, kalau di WA kan semua pesan tersimpan di smartphone kita, dalam hal ini kurang suka karena memang terlalu riskan untuk di salah gunakan seperti orang lain bisa dengan mudah menyadapnya seperti yang pernah kami posting tentang cara menyadap Whatsapp dengan mudah, makanya ketika menggunakan versi web atau aplikasnya pun harus melalui smartphone.

Agar semua pesan maupun foto atau gambar bisa ikut pindah ke hp baru, kalian bisa melakukan backup semua isi WA dengan menggunakan Google Drive. Untuk caranya silahkan mengikutinya di bawah ini.

Cara Backup Whatsapp

  1. Pertama kalian Buka aplikasi WA kalian, setelah itu pilih menu Settings yang ada 3 tiitk di pojok kanan atas.
  2. Kemudian kalian pilih opsi Chats, dan pilih Chat backup.
  3. Nanti pada bagian bawah ada opsi untuk backup ke Akun Google Drive kalian, akun yang digunakan adalah akun Google yang kamu gunakan pada smartphone Android kamu. Agar proses backup tidak memakan kuota yang besar dan waktu, jangan di pilih yang opsi Include videos.
  4. Selanjutnya kalian pilih tombol Back Up dan tunggu sampai proses backup ke Google Drive selesai.

Nah kalau sudah selesai sekarang proses restore hasil backupan ke hp kalian yang baru, pastikan kalian menggunakan akun google yang sama dengan hp yang lama.

Setelah kalian menginstall dan login aplikasi whatsapp di hp yang baru otomatis, WhatsApp akan mendeteksi backup secara otomatis, nah di situ kalian tinggal pilih tombol Restore.

Demikianlah tips singkat mengenai aplikasi Whatsapp agar semua hasil pesan serta foto/gambar bisa kembali lagi setelah menggunakan hp yang baru. Semoga tips ini bisa bermanfaat.

Loading...

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *