Home / Tips Android / Cara Cek IMEI Vivo Resmi Atau BM

Cara Cek IMEI Vivo Resmi Atau BM

Cara Cek IMEI Vivo – Pemerintah saat ini berencana menerbitkan regulasi kontrol IMEI semua HP yang beredar di indonesia termasuk Vivo. Tujuan pemerintah merumuskan aturan IMEI untuk menekan peredaran HP Black Market (BM) di Indonesia. Seperti kita ketahui saat ini di HP BM cukup jadi primadona di Indonesia karena menawarkan spesifikasi yang tinggi dengan harga yang murah, tentunya ini menyebabkan ponsel lokal kurang dilirik oleh konsumen.

Melalui peraturan ini pemerintah dan operator seluler akan melakukan proses penonaktifkan akses jaringan ke HP yang IMEI nya tidak terdaftar. Dengan demikian, pengguna HP ilegal itu tidak bisa menikmati layanan telekomunikasi seperti SMS, telepon, maupun mengaktifkan paket internet.

Semua HP memiliki nomor IMEI dan serial number, termasuk HP buatan Vivo. Nomor IMEI digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat valid. Sebagai nomor identifikasi unik, nomor IMEI berisi informasi mengenai perusahaan pembuat, merek, model, dan spesifikasi, serta memastikan keaslian perangkat seluler.

Untuk memastikan keaslian Vivo kalian, silahkan Cek nomor IMEI dan serial number pada paket penjualan apakah sesuai dengan yang tertera pada Dus HP atau tidak.

Lalu bagaimana cara mengecek nomor imei smartphone Vivo yang sedang kita gunakan saat ini? Ada beberapa 4 cara yang bisa dilakukan.

Cara Cek Nomor IMEI Vivo

  1. Tentang Ponsel – Kalian bisa melihat informasi mengenai IMEI di Vivo melalui menu Tentang Ponsel / About Phone yang ada di Pengaturan.
  2. Dial *#*#06# – Pada umumnya kita melakukan pengecekan IMEI dengan melakukan dial ke *#*#06*. Otomatis akan muncul nomor IMEI smartphone Vivo yang kita gunakan.
  3. Di Dus / Box – Cara lain untuk mengetahui nomor IMEI adalah dengan melihat yang tertera pada Dus/Box. Biasanya informasinya ada di belakang Dus. Disitu juga akan nampak serial number / SN.
  4. Di Belakang HP – Cara terakhir mengecek IMEI adalah dengan melihat di bagian belakang HP atau di balik baterai kalau kalian menggunakan Vivo dengan baterai bisa dilepas.

Apabila nomor IMEI pada kotak penjualan berbeda dengan nomor IMEI yang ada di HP, maka sudah dipastikan kalau HP Vivo kamu palsu.

Untuk lebih memastikan keakuratan informasi IMEI di Vivo ini, kalian juga bisa melakukan verifikasi serial IMEI melalui situs vivo.com.

Cara Cek Otentikasi Nomor IMEI Vivo

Di laman resmi Vivo sendiri ada menu untuk mengecek keaslian dari HP kita, dimana kalian cukup memasukan nomor IMEI melalui kolom yang sudah disediakan. Nanti kalau IMEI kalian valid, otomatis akan nampak informasi perangkat yang kalian gunakan serta masa berlaku garansi HP Vivo kalian. Untuk otentikasi silahkan buka https://www.vivo.com/id/support/IMEI.

Lihat gambar dibawah ini, kalau Vivo kamu resmi akan terlihat Model Produk, Warna Produk dan Masa Garansi.

Nah, sekarang kalian sudah mengetahui tentang smartphone Vivo kalian apakah resmi atau barang ilegal (BM). Selain itu kalian bisa cek apakah IMEI Vivo kalian terdaftar oleh pemerintah atau tidak.

Cara Cek Status IMEI Vivo di Kemenperin (Kementrian Perindustrian)

Pemerintah saat ini sedang mengumpulkan semua IMEI resmi yang ada di Indonesia. Kalian dapat mengecek status IMEI Vivo melalui situs resmi Kemenperin. Silahkan buka http://kemenperin.go.id/imei/ dan masukan kode IMEI Vivo kalian. Nanti kalau terdaftar akan keluar informasi tentang HP Vivo kalian.

Nah, demikianlah informasi cara cek IMEI di HP Vivo, apabila saat ini kalian menggunakan Vivo yang mengalami masalah kehilangan IMEI / Null bisa mengikuti tutorial cara write IMEI di Qualcomm.

Loading...

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!