Home / VIVO / Cara Install Ulang (Flash) Vivo Y15 Menggunakan SP Flash Tool (PC)

Cara Install Ulang (Flash) Vivo Y15 Menggunakan SP Flash Tool (PC)

Ingin install ulang firmware Vivo Y15? tapi belum tahu caranya? Disini kami akan memberikan tutorial secara lengkap beserta gambar mengenai cara flash atau install ulang Vivo Y15 menggunakan SP Flash Tool di PC atau Laptop.

Vivo Y15 di rilis sekitar tahun 2014 dengan spesifikasi layar 4.5 inci beresolusi FWVGA 854 x 840. Ponsel ini dibekali dengan chipset Mediatek MT6582 yang memiliki prosesor berkecepatan Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 serta RAM 512 MB.

Tentunya smartphone ini tergolong Hp lawas, pastinya banyak diantara kalian yang sering mengalami masalah seperti bootloop, sering hang, banyak aplikasi force close alias tertutup sendiri bahkan banyak pula yang mengalami mati total.

Masalah yang disebutkan diatas, hal yang lumrah untuk Hp yang sudah berumur, jalan satu-satunya agar Vivo Y15 ini fresh kembali atau bisa diperbaiki adalah dengan melakukan instalasi ulang firmware.

Instalasi ulang atau sering disebut Flash di Vivo Y15 ini, ada beberapa cara biasanya menggunakan recovery mode dan tool flash seperti SP Flash Tool.

Instalasi ulang dengan menggunakan SP Flash Tool lebih direkomendasikan, karena secara menyeluruh file atau partisi yang ada di Vivo Y15 akan tergantikan.

Nah, untuk kalian yang berniat melakukan flash Vivo Y15, bisa mengikuti panduan dari kami dibawah ini.

Tapi ingat!! metode yang kami share ini untuk pengguna Vivo Y15 yang dirlis tahun 2014 bukan untuk Y15 tahun 2019.

Bahan-Bahan Flash Vivo Y15

  1. Firmware Vivo Y15 v4.4.2 Kitkat – Extract filenya di PC / Laptop di tempat yang mudah di ingat.
  2. SP Flash Tool – Extract filenya di drive C:/.
  3. USB Drivers Vivo Y15 – Extract kemudian install driversnya.

Kalau semua bahan diatas sudah kalian download, kita akan melangkah ke step berikutnya.

Cara Flash Vivo Y15 via SP Flash Tool

Pertama, matikan terlebih dahulu Vivo Y15 kalian dan biarkan beberapa menit agar benar-benar mati. Kemudian buka folder SP Flash Tool dan klik file Flash_tool.exe.

Setelah SP Flash Tool terbuka, klik tombol Scatter-loading yang berada di bawah Download agent. Selanjutnya kalian pilih file MT6582_Android_scatter.txt yang ada di dalam folder vivo-Y15_150609_ForFlashtoolFromReadBack_160102-205737.

Step berikutnya, kalian klik area kosong berwarna hijau pada baris UBOOT, kemudian pilih file uboot.bin.

Lakukan juga hal yang sama pada recovery, Klik area kosong berwarna hijau pada baris RECOVERY, lalu pilih file vivo-Y15_150609__recovery_160102-205737.img.

Setelah semua berhasil di load, kalian pilih Download only kemudian klik tombol Download yang ada diatasnya.

Sekarang, sambungkan Hp Vivo Y15 kalian ke PC / Laptop dengan menggunakan kabel USB berkualitas baik. Kalau berhasil terdetek proses flashing akan segera dimulai, akan terlihat progres bar yang ada dibagian bawah.

Kalau sudah terlihat tanda centang dengan tulisan Download OK, itu bearti proses flash Vivo Y15 telah selesai.

Silahkan tutup SP flash_tool dan lepaskan kabel data Vivo Y15 dari PC. Kemudian lepaskan baterai Vivo Y15 kalian biarkan beberapa saat, kemudian pasang kembali baterai, dan nyalakan dengan menekan tombol Power beberapa detik.

Dan Hp Vivo Y15 kalian akan hidup kembali, silahkan menunggu untuk proses booting yang sedikit lebih lama dari biasanya. Kalau sudah masuk ke Homescreen, bearti Vivo Y15 telah sukses 100% di install ulang firmwarenya.

Nah, demikianlah cara flash Vivo Y15 dengan menggunakan SP Flash Tool, semoga artikel yang kami bagikan ini dapat bermanfaat buat para pengguna Vivo Y15.

Loading...

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!