Home / XIAOMI / Cara Flash Xiaomi Redmi 4A “Rolex” Lewat Mi Flash Tool

Cara Flash Xiaomi Redmi 4A “Rolex” Lewat Mi Flash Tool

Cara Flash Redmi 4A – Mi Flash adalah sebuah tool yang dikembangkan oleh pihak Xiaomi untuk smartphone buatan mereka yang digunakan untuk melakukan flashing semua perangkat Android dari Xiaomi. Bagi kalian yang masih belum tahu cara menggunakannya bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini.

Melakukan flashing atau install ulang firmware biasanya kita karena Redmi 4A kita mengalami bootloop ataupun ingin melakukan downgrade. Selain itu, flash ulang Redmi 4A juga bisa mengatasi permasalah lainnya di system android seperti aplikasi berhenti, aplikasi error, hang, data seluler tidak bisa di aktifkan, lemot/lelet dan lain-lain.

Masalah-masalah seperti ini akan dengan mudah teratasi dengan melakukan flash ulang dan Redmi 4A kalian akan kembali seperti semula atau seperti pada saat membeli dari pabrik.

Untuk melakukan flashing Redmi 4A dengan Mi Flash Tool caranya tidaklah sulit, kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang kami tulis dibawah ini.

Download Firmware Dan Flash tool Redmi 4A

  1. Firmware V8.5.7.0 Global StableDownload
    Firmware v8.5.2.0 China StableDownload

    kemudian ekstrak file firmware dengan winrar dan ektrak lagi hingga menemukan folder image all.bat dalam satu folder rom

  2. Mi Flash Tool. Install Mi Flash tool pada PC/Laptop

Sebelum memulai flashing pastikan HP kalian memang Redmi 4A sebab selain itu akan berbahaya dan juga tutorial ini di peruntukan bagi yang sudah melakukan UBL alias Unlock Bootloader.

Cara Flash Xiaomi Redmi 4A Menggunakan Mi FlashTool

  • Kalau semua bahan sudah siap, sekarang kalian masuk ke menu Fastboot Mode dengan cara, matikan Redmi 4A terlebih dahulu baru kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power bersama-sama, tahan sejenak sampai masuk ke Fastboot Mode. Seperti contoh gambar dibawah ini.
    masuk ke fastboot redmi 4a
  • Sekarang buka MiFlash Tool dan klik tombol Select yang berada dibagian atas kemudian pilih folder ROM Fastboot yang telah kalian extract di drive C:\ tadi. Dan pada bagian bawah pilih Clean All.
    pilih rom fastboot redmi 4a
  • Selanjutnya hubungkan Redmi 4a ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan kalian menggunakan kabel USB asli Xiaomi atau minimal kabelnya berkualitas baik. Nanti kalau terhubung ke PC, di Mi Flash Tool akan tampak id dan device kita. Kalau belum muncul silahkan klik tombol Refresh.
    redmi 4a terdetek di Mi Flash
  • Saatnya untuk flashing, kalian klik tombol Flash otomatis proses flash akan berjalan. Itu terlihat dari progress bar yang berwarna hijau.
    progres bar mi flash
  • Proses flashing ini memakan waktu berkisar antara 15 sampai 20 menit bahkan terkadang lebih. Kalau proses flash telah selesai akan terlihat status Success pada Mi Flash dan juga otomatis Redmi 4A kalian akan Reboot dengan sendirinya. Kalau mengalami tidak otomatis Reboot coba cabut kabel USB dan tekan tombol Power yang lama sampai bergetar.
    flash Redmi 4A sukses
  • Biasanya kalau berhasil, otomatis Redmi 4A kalian akan restart tapi kalau tidak mengalami hal tersebut, cabut kabel USB dan tekan yang lama pada tombol Power sampai terasa bergetar dan lepaskan.

    Solusi Untuk Redmi 4A MATOT (Hardbrick) atau belum UBL

    Kalau sampai saat ini kalian belum melakukan UBL ataupun kondisi Redmi 4A mengalami Mati Total (Hardbrick), jalan satu-satunya adalah dengan melakukan Test Point. Dengan test point ini kita akan memaksa HP kita untuk masuk ke Emergency Download Mode (EDL).

    Untuk caranya test point Redmi 4A, siapkan pinset, atau kawat yang telah dilengkungkan. Kemudian hubungkan kedua titik seperti gambar dibawah ini dengan pinset atau kawat. Kemudian tahan, jangan sampai bergeser setelah itu sambungkan Redmi 4A ke PC dengan kabel USB.

    Sekarang klik tombol Refresh yang ada di Mi Flash. Kalau sudah kedetek, silahkan lepaskan kawat atau pinset tadi dan lakukan flashing seperti diatas.
    test point redmi 4a

    Ok, apabila berhasil dengan tutorial ini, selamat sekarang kalian sudah bisa menggunakan Redmi 4A kalian kembali dan apabila masih gagal juga berarti ada kerusakan hardware yang hanya bisa di ganti di tempat service.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *