Home / XIAOMI / Cara Flash Xiaomi Redmi 5 Plus (Vince) via MiFlash (PC)

Cara Flash Xiaomi Redmi 5 Plus (Vince) via MiFlash (PC)

Pada awal tahun 2018, Xiaomi merilis Redmi 5 Plus, tentunya sudah banyak suka dan dukanya buat para penggunanya. Pasti ada yang masih baik-baik saja dan ada juga yang mungkin bermasalah seperti bootloop, hang, aplikasi tertutup sendiri, lemot bahkan ada yang mati total dan berbagai problem lainya.

Hal seperti ini bisa saja menimpa smartphone kesayangan, dan untuk mengatasi masalah atau error ini ada yang melakukan hard reset, install ulang menggunakan recovery atau TWRP atau kalau masih garansi bawa ke service center Xiaomi.

Tapi tidak selalu dengan melakukan reset atau install ulang via recovery bisa menyelesaikan masalah di Redmi 5 Plus kalian. Jalan terakhir yang wajib kalian coba sebelum membawa ke tempat service adalah dengan melakukan flashing firmware fastboot menggunakan PC atau Laptop.

Untuk kalian yang berniat melakukan flash Redmi 5 Plus ini, disini kami menyediakan tool MiFlash untuk melakukan flashing serta bahan firmware Fastboot Redmi 5 Plus MIUI 9 dan MIUI 10.

Tapi perlu diketahui, kalau Redmi 5 Plus kalian belum di Unlock Bootloader, pastinya tidak akan bisa langsung mengikuti proses flash ini. Untuk yang belum UBL Xiaomi Redmi 5 Plus nya, kalau ingin melakukan flashing harus test point terlebih dahulu. Lihat cara test point Redmi 5 Plus yang ada di paling bawah.

Download Firmware dan MiFlash Tool Redmi 5 Plus

  1. Download MiFlash Tool 7.4.25 setelah itu Install Xiaomi flash tool ini di PC atau Laptop yang menggunakan Windows. Sebaiknya setelah terinstall, Restart terlebih dahulu PC / Laptop kalian tersebut.
  2. Silahkan pilih salah satu ROM Fastboot yang ada dibawah ini ada MIUI 9 dan MIUI 10. Kalau saat ini pake ROM China (tidak ada bahasa indonesia) pilih versi firmware China. Setelah itu extract ROM Fastboot ini di drive C:\.
    DownloadRedmi 5 Plus Firmware Global Stable MIUI 10.2.3.0 Android Oreo
    DownloadRedmi 5 Plus Firmware Global Stable MIUI 9.6.5.0 Android Oreo
    DownloadRedmi 5 Plus Firmware China Stable MIUI 10.3.2.0 Android Oreo
    DownloadRedmi 5 Plus Firmware China Stable MIUI 9.6.3.0 Android Nougat

Cara Flash Redmi 5 Plus Menggunakan Mi FlashTool

  1. Kalau semua bahan sudah siap, sekarang kalian masuk ke menu Fastboot Mode dengan cara, matikan Redmi 5terlebih dahulu baru kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power bersama-sama, tahan sejenak sampai masuk ke Fastboot Mode. Seperti contoh gambar dibawah ini.
    fastboot mode redmi 5
  2. Sekarang buka MiFlash Tool dan klik tombol Select yang berada dibagian atas kemudian pilih folder ROM Fastboot yang telah kalian extract di drive C:\ tadi. Dan pada bagian bawah pilih Clean All atau Clean All and Lock apabila ingin mengunci kembali bootloadernya.
    pilih firmware redmi 5
  3. Selanjutnya hubungkan Redmi 5 Plus ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan kalian menggunakan kabel USB asli Xiaomi atau minimal kabelnya berkualitas baik. Nanti kalau terhubung ke PC, di Mi Flash Tool akan tampak id dan device kita. Kalau belum muncul silahkan klik tombol Refresh.
    redmi 5 terdetek di Mi Flash Tool
  4. Saatnya untuk flashing, kalian klik tombol Flash otomatis proses flash akan berjalan. Itu terlihat dari progress bar yang berwarna hijau.
    proses flash Redmi 5 Plus
  5. Proses flashing ini memakan waktu berkisar antara 15 sampai 20 menit bahkan terkadang lebih. Kalau proses flash telah selesai akan terlihat status Success pada Mi Flash dan juga otomatis Redmi 5 kalian akan Reboot dengan sendirinya. Kalau mengalami tidak otomatis Reboot coba cabut kabel USB dan tekan tombol Power yang lama sampai bergetar.

Cara Test Point Redmi 5 Plus “Vince”

Kalau memang sampai saat ini kamu belum melakukan UBL (Unlock Bootloader), jalan satu-satunya adalah dengan melakukan Test Point. Caranya buka casing Redmi 5 Plus, kemudian gunakan kawat atau pinset, selanjutnya hubungkan ke 2 titik yang kami lingkari merah, tahan terus hubungkan Xiaomi 5 Plus ke PC atau Laptop dengan kabel USB.

Apabila masih belum terdetek, cabut kabel USB dan coba lagi cara tersebut. Kalau sudah terdetek, lepaskan kawat atau pinset tadi dan lakukan flashing seperti cara diatas.

Demikianlah tutorial mengenai cara flash atau install ulang firmware Xiaomi Redmi Note 4X dengan menggunakan Mi Flash Tool. Semoga artikel ini bisa membantu kalian mengatasi masalah yang menimpa smartphone kesayangan.

Loading...

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!