Home / Cara Root / Cara Pasang TWRP Dan Root Xiaomi Redmi 5 “Rosy” MIUI 9 / 10

Cara Pasang TWRP Dan Root Xiaomi Redmi 5 “Rosy” MIUI 9 / 10

Root dan TWRP Redmi 5 – Redmi 5 yang berkode name Rosy saat ini sudah bisa di root dan di pasangin custom recovery TWRP. Untuk proses lengkap penginstalannya bisa kalian ikuti tutorial yang kami berikan di bawah ini.

Dalam hal spesifikasi Redmi 5 ini dibekali oleh Xiaomi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 dan GPU Adreno 506 serta pilihan storage 32GB bersama 3/4 GB RAM atau storage 16GB dengan RAM 2 GB.

Selain itu smartphone ini menggunakan kamera belakang 12MP serta kamera depan 5MP yang mampu merekam dalam resolusi 1080p. Ponsel Xiaomi ini juga dengan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat dan bisa beroperasi dengan jaringan 4G LTE.

Bisa dibilang Redmi 5 ini sudah cukup menghandle berbagai aplikasi maupun game Android ditambah dengan fitur Tema yang membuat smartphone ini memang layak diburu oleh penggemar gadget.

Meski begitu bagi sebagian pengguna hal tersebut masih terasa kurang, mereka ingin lebih dan tanpa batas. Untuk lebih memaksimalkan kemampuan smartphone ini biasanya pengguna akan melakukan Root dan menginstall custom recovery terlebih dahulu.

Cara Pasang TWRP Redmi 5 (Rosy)

Apabila kalian sudah sukses UBL bisa melanjutkan tutorial cara pasang TWRP dan cara root Redmi 5 yang kami share di bawah ini. Tapi kalian harus memiliki perangkat komputer atau PC untuk mengikuti tutorial di bawah ini. Karena sampai saat ini belum ada cara root dan install twrp Redmi 5 tanpa PC.

Untuk melakukan root, proses pertama adalah dengan menginstall custom recovery TWRP Redmi 5 dulu, baru setelah TWRP terpasang kalian bisa melanjutkan dengan melakukan root via TWRP.

Download ke 3 bahan di bawah ini:

  1. Sekarang matikan Redmi 5 dan Tekan tombol Volume Bawah Dan Tombol Power bersamaan dan lepaskan setelah beberapa detik. Nanti smartphone kalian akan masuk ke Menu Fastboot.Fastboot Mode Xiaomi
  2. Setelah Redmi 5 masuk ke mode fastboot. Sekarang jalankan Toolkit dengan mengkliknya.
    Toolkit Flasher Redmi
  3. Setelah Command Prompt telah terbuka, disitu ada beberapa pilihan TWRP dan kalian harus memilih sesuai dengan smartphone kalian.
  4. Pastikan kalian pilih 1. Setelah memilih pencet ENTER.
    Toolkit Flasher TWRP Xiaomi
  5. Otomatis sekarang Redmi 5 kalian akan masuk ke mode TWRP.
  6. Setelah berada di TWRP kalian harus install file No-Verity yang sudah kalian donwload tadi. Untuk caranya Pilih Install dan pilih file No-verity kemudian Swipe To Confirm Flash.
    Install TWRP Redmi 5

Sekarang TWRP sudah terpasang dan kalian sudah bisa langsung me-root Redmi 5 aka Rosy ini dengan menggunakan root tool seperti Magisk dan SuperSU.

Tapi sangat di rekomendasikan menggunakan Magisk. Untuk lebih jelasnya proses rooting di Redmi 5 ini silahkan ikuti panduan selanjutnya.

Cara Root Redmi 5 via Magisk

  1. Saat masih berada di TWRP, kalian pilih menu Install.
    Menu Install Di TWRP Redmi 5
  2. Langkah selanjutnya cari dan pilih file Magisk-v16.4.zip.
    Install Magisk Lewat TWRP
  3. Setelah itu geser Swipe to confirm flash yang ada di bawah.
    Konfirmasi Flash Magisk Root
  4. Silakan menunggu sampai proses flash Magisk selesai.
  5. Kalau sudah bearti selamat root telah berhasil di Redmi 5.
  6. Silahkan di Reboot dan akan nampak aplikasi Magisk Manager di Homescreen.

Kalau seandainya tidak muncul juga aplikasi Magisk Manager, lakukan instalasi manual Magisk Manager APK versi terbaru disini. Setelah terinstall buka Magisk Manager, kalau ada tanda hijau, seperti gambar di bawah ini, bearti root telah sukses kalian lakukan.
Berhasil Meroot Redmi 5 Dengan Magisk

Apabila kalian ingin menghilangkan root atau istilahnya Unroot, caranya juga mudah kalian bisa lakukan Unroot melalui Magisk Manager. Untuk panduan Unroot / menghilangkan root, bisa ikuti di bawah ini.

Cara Unroot Magisk di Redmi 5

  1. Buka Magisk Manager kemudian pilih Copot
    Cara Root Menggunakan Magisk Tanpa PC
  2. Selanjutnya Pilih Copot Total
  3. Silahkan tunggu proses unrootnya sampai selesai
  4. Kalau sudah selesai otomatis Magisk Manager ini akan hilang

Sekarang Rosy kalian sudah terpasang TWRP dan sudah berhasil di Root, kalian sudah bisa menginstall aplikasi-aplikasi keren yang butuh akses root ataupun ingin menginstall custom ROM apabila merasa bosan dengan MIUI ataupun ingin daya tahan batere agar lebih lama.

Tutorial ini bisa bekerja dengan baik di MIUI 8, MIUI 9 ataupun MIUI 10.

Kesimpulan

Untuk melakukan root dan pasang custom recovery TWRP syarat wajibnya sudah harus di unlock Bootloader terlebih dahulu. Bagi kalian bootloadernya masih berstatus Unlocked, kalian bisa mengikuti tutorial UBL – Unlocked Bootloader Redmi 5 yang pernah di posting di blog ini.

Sekian tutorial Cara Pasang TWRP dan Root pada si Rosy ini, semoga dengan artikel ini kalian pengguna Redmi 5 bisa terbantukan. Tambahan untuk yang ingin menghapus TWRP bisa baca postingan tentang Cara Hapus TWRP Dan Kembali ke Stock Recovery.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *