Home / Tips Android / Cara Lengkap Unlock Bootloader Motorola Moto M
Loading...

Cara Lengkap Unlock Bootloader Motorola Moto M

Meskipun saat ini Motorola sudah di ambil alih oleh Lenovo tapi tetap untuk Unlock Bootloader masih sama seperti dulu tidak ada yang berbeda. Nah bagi kalian yang belum tahu cara UBL Moto M ini, di bawah ini tutorial lengkapnya yang bisa digunakan di Moto M.

Motorola Moto M memiliki layar sebesar 5.5 Inch beresolusi Full HD dan Lapisan Nano Coating pada bodinya memungkinkan Smartphone ini aman dari percikan atau tumpahan air. Bahkan saat di tengah hujan gerimis..

Baca Juga

Smartphone ini dibekali dengan processor Octa-Core besutan Mediatek Helio P15 berkecepatan 2.2 GHz dan mendapat dukungan RAM 4GB untuk mempercepat Loading aplikasi. Kalian akan leluasa menggunakan Moto M dalam waktu lama karena didukung baterai besar berkapasitas 3050 mAh. Kapasitas baterai sebesar itu bisa diisi ulang dengan cepat berkat teknologi Rapid Charging 10W.

Moto M ini memiliki kamera depan berukuran 8 Megapiksel dan kamera belakang 16 Megapiksel yang telah dilengkapi Dual CCT Flash. Smartphone ini dilengkapi dengan sistem Audio berteknologi Dolby Atmos mampu menghasilkan nuansa suara yang jernih, kaya nada, kencang bertenaga, dan Bass mendalam.

Di Smartphone ini apabila kalian ingin di root dan pasang TWRP, terlebih dahulu harus membuka kunci bootloadernya. Untuk membuka bootloadernya tidaklah sulit tapi membutuhkan perangkat PC.

Ada hal yang harus kalian ketahui bahwa Unlock Bootloader akan menghapus semua data, aplikasi dan foto. Jadi sebelum melakukanya sebaiknya backup dulu isi file-file penting yang ada di internal storage.

Cara Unlock Bootloader Motorola Moto M

Download dan install Minimal ADB Fastboot.

Sekarang kalian aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock Moto M dengan cara buka Setelan kemudian pilih Tentang Ponsel dan klik sebanyak 7x di bagian Nomor Bentukan sampai muncul tulisan “Anda sekarang adalah seorang pengembang”.

Selanjutnya buka lagi Setelan kemudian pilih Opsi Pengembang, kalian aktifkan Debugging USB dan OEM Unlock.

Sekarang masuk ke Minimal ADB Fastboot yang ada di C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot\, kalau kalian menggunakan Windows 32-bit lokasinya ada di C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot\.
Cara Unlock Bootloader Motorola Moto M

Berikutnya klik py_cmd.exe,sekarang window command prompt telah terbuka. kalian ketik perintah seperti di bawah ini.

adb reboot bootloader

Otomatis Moto M akan masuk ke Fastboot Flash Mode. Dimana ada icon android lagi tidur dan beberapa info baseband, produk varian dan sebagainya.
fastboot Moto M

OK, sekarang ketik lagi perintah agar bisa menampilakn kode bootloader smartphone kalian.

fastboot oem get_unlock_data

Sekarang command prompt akan tampil kode bootloader dari Moto M kalian. Salin kode tersebut, klik kanan kemudian pilih Mark setelah itu marking semua kode tersebut. Selnajutnya tekan Enter. Otomatis kode tersebut akan tersalin.
kode unik bootloader Moto M

Paste kode yang sudah di salin ke Notepad. Kemudian hilangkan spasi, nanti hasilnya akan kode-kode tersebut menjadi satu baris.
remove spasi

Langkah selanjutnya kalian buka Situs Motorola Kemudian login menggunakan ID Motorola kalau belum punya bisa gunakan Akun Google kalian.
Di situ kalian harus memasukan kode yang ada di Notepad ke kolom yang yang telah disediakan. Selanjutnya klik tombol Can my device be unlocked.
paste kode ubl Moto M

Kalau Moto M kalian bisa di unlock bootloader nya, nanti pada bagian bawah kalian centang pada “I Agree” kemudian klik tombol Request Unlock Key.
request ubl Moto M plus

Motorola akan mengirimkan email yang berisi 20 kode unik buat Moto M kalian agar bisa di Unlocked. Kadang emailnya cepat terkadang lama, tapi biasanya tidak sampai 2 hari udah dapat balasan. Format emailnya seperti ini:

Here is the unique code to unlock the bootloader of your Motorola phone.

Unlock Code: MKIBLABO8MDU3JBYD5LP

Please follow the instructions here to unlock your bootloader.

Good Luck!

Masuk ke Fastboot lagi dan ketik perintah pada command prompt seperti pada contoh dibawah ini. ingat ya ini hanya contoh tiap HP akan berbeda-beda kode unik nya.

fastboot oem unlock MKIBLABO8MDU3JBYD5LP

Dan kalau berhasil Moto M kalian akan reboot dan muncul tulisan Warning Bootloader Unlocked setiap HP di dihidupkan.

Sekarang bootloader Moto M kalian sudah berstatus Unlocked, kalian sudah bisa memasang TWRP dan melakukan Rooting. Untuk hal ini nanti kalau ada kesmpatan kami akan membahasanya kembali.

Loading...

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...