Cara Mengatasi Database Whatsapp Yang Tiap Hari Bertambah besar

Apakah kalian mengalami memory penyimpanan di HP cepat penuh? Salah satu biang keroknya adalah aplikasi Whatsapp. Setiap pesan, gambar, video, notes akan tersimpan di penyimpanan internal HP kita. Selain itu juga, Whatsapp akan selalu melakukan backup, sehingga databasenya akan semakin lama semakin besar.

Hampir setiap pengguna smartphone menggunakan Whatsapp sebagai media komunikasi dengan orang lain ataupun berinteraksi melalui group. Semakin banyak teman dan group yang kalian ikuti, semakin cepat penuh juga memory penyimpanan HP kalian.

Untuk itu kalian harus sering-sering menghapus gambar atau video agar penyimpanan HP kalian lega kembali. Selain itu juga, di folder Whatsapp ini akan ditemukan sebuah file database yang bernama msgstore.db.crypt. File ini setiap hari akan bertambah besar bahkan bisa mencapai 1-2 GB.

msgstore Whatsapp

File msgstore ini merupakan hasil backupan yang dilakukan Whatsapp. Mengaktifkan ataupun tidak mengaktifkan fitur backup otomatis Whatsapp tetap menyimpan file backupan ini di penyimpanan internalWhatsappDatabase.

Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa hapus file database ini agar tidak menghabiskan ruang penyimpanan HP.

Apakah file Database Whatsapp ini aman di hapus?
Ya, file ini bisa kalian hapus apabila merasa ukurannya sudah terlalu besar dan sampai saat ini saya mencoba tidak mengalami masalah saat menjalankan Whatsapp.

Sekarang, kalian sudah tahu solusi masalah database Whatsapp yang berukuran besar. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian untuk dapat menghemat ruang penyimpanan HP.

Share informasi ini ke teman-teman kalian agar lebih memaksimalkan Whatsapp mereka dengan mudah seperti mengubah tema, ganti font, menyembunyikan status, mengunci Whatsapp dan Chat hanya dalam beberapa klik saja.

Terima kasih telah membaca postingan ini dan terus mengunjungi untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik seperti ini. Jika kamu menemukan masalah yang berhubungan dengan Whatsapp ini, Silahkan berkomentar di bawah ini, dan saya akan mencoba membantu untuk mengatasi masalah yang dialami.

Apabila kalain ingin selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai Whatsapp ini, maka saya akan menyarankan untuk selalu mengunjungi situs ini agar tidak pernah ketinggalan tutorial terbaru yang berkaitan dengan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *