Home / XIAOMI / Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 6 “Sagit” / Mi 6X “Wayne”

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 6 “Sagit” / Mi 6X “Wayne”

Cara Unlock Bootloader Mi 6 / Mi 6X – Banyak ilmu dan pengalaman yang bisa kita dapatkan dengan mengutak-atik atau memodifikasi perangkat Android. Tapi sangat disayangkan untuk Xiaomi Mi 6 ini, kalian harus terlebih dahulu melakukan Unlock Bootloader. Bagi kalian yang berkeinginan untuk unlock bootloader hp ini, Kalian bisa mendapatkan secara lengkap panduan UBL Xiaomi Mi 6 dan Mi 6X yang kami share dibawah ini.

Perangkat besutan Xiaomi ini memiliki nama lengkap Xiaomi Mi 6 dan diperkenalkan pertama kali pada 2017, April. Xiaomi membekali Mi 6 dengan chipset Snapdragon 835 yang berlari dengan kecepatan prosesor Octa-core (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo) dan berjalan di atas sistem operasi Android 7.1.1 (Nougat).

Xiaomi juga memberikan kita pilihan kapasitas internal sebesar 64 atau 128GB storage yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 6 GB. Semua fitur tersebut ditopang dengan baterai berkapasitas 3350mAh berjenis Li-Po.

Ponsel Xiaomi Mi 6 ini memiliki layar IPS LCD capacitive touchscreen yang berukuran 5.15 inch dengan resolusi 1080×1920 pixels. Di sisi kamera, Xiaomi Mi 6 mengandalkan kamera 12 MP yang bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p.

Penerapatan locked bootloader yang dilakukan Xiaomi disemua perangkat Android mereka, tidaklah menyurutkan keinginan sebagian pengguna untuk memodifikasi sistem Mi 6 ini. Dan Xiaomi sendiri masih memberikan kita kebebasan untuk menentukan keinginan sendiri, apakah akan melakukan unlocked ataupun tetap dengan status locked bootloadernya.

Xiaomi terkenal karena kemudahan dalam hal oprekan, selain dukungan komunitas yang aktf, rata-rata semua smartphone Xiaomi banyak memiliki developer pihak ke-3 yang mengembangakan smartphone Xiaomi. Hal inilah yang bikin hp Xiaomi disukai dibandingkan dengan buatan vendor lain.

Apa Itu Bootloader

Bootloader merupakan program yang dijalankan saat Android kita mulai dihidupkan, Bootloader akan memprogram pertama kali OS yang akan dijalankan. Pada keadaan Standart Pabrik, Bootloader pada Xiaomi terkunci sehingga tidak mungkin kalian bisa menginstal kernel ataupun memasang custom recovery TWRP. Biasanya orang menyebutkan Bootloader OS dalam keadaan LOCK.

Agar dapat menginstall kernel atau TWRP, Bootloader harus dalam keadaan tidak terkunci atau istilahnya UNLOCK BOOTLOADER. Dengan bootloader terkunci pada perangkat Android, maka hampir tidak mungkin untuk melakukan flash ROM ataupun sekedar memasang TWRP.

Sekarang kalian sudah mengerti tentang Bootloader, Nah saatnya kita akan membahas bagaimana caranya agar Bootloader Xiaomi Mi 6 dan Mi 6X ini bisa terbuka. Untuk membuka bootloader sebenarnya mudah apalagi sekarang kita tidak perlu lagi meminta izin dan menunggu SMS persetujuan dari Xiaomi. Kalau dahulu kalian wajib mengisi form request bootloader dan memberikan alasan kenapa ingin di UBL, setelah itu harus menunggu lagi konfirmasi dari Xiaomi.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 6 / Mi 6X

  1. Pertama-tama kalian harus memiliki Mi Account. Silahkan buat akun MI di hape kalian terlebih dahulu.
  2. Setelah itu buka Setelan pilih Tentang Ponsel kemudian klik 7x berturut-turut di Versi MIUI setelah itu pilih Setelan Tambahan dan pilih Opsi Pengembang
  3. Langkah selanjutnya aktifkan Buka Kunci OEM dan Debugging USB
  4. Sekarang silahkan Download File UBL Xiaomi Mi 6. Kemudian extract file UBL tersebut di Komputer atau Laptop.
  5. Selanjutnya matikan Redmi Note 7 dan selanjutnya Tekan tombol Volume Bawah Dan Tombol Power bersamaan dan lepaskan setelah beberapa detik. Nanti smartphone kalian akan masuk ke mode Fastboot. Seperti gambar di bawah ini.
    ubl Redmi Note 7
  6. Jalankan aplikasi Mi Unlock pada PC atau Laptop Anda. klik Agree untuk melanjutkan.Sekarang colok Mi 6 ke Komputer atau laptop dengan menggunakan kabel USB asli dari Xiaomi. Nanti di program Mi Unlock Tool akan muncul tombol UNLOCK.
    unlock now bootloader mi 6
  7. Silahkan klik Tombol Unlock dan tunggu hingga selesai sampai muncul tulisan unlocked successfully. Itu bearti UBL telah 100% sukses dilakukan pada Xiaomi Mi 6 kalian.
    ubl redmi mi 6x sukses

Sekarang Xiaomi Mi 6 “Sagit” ataupun Mi 6X “Wayne” sudah ter-unlock bootloadernya, kalian sudah bisa memasang TWRP dan melakukan Root. Untuk cara root dan pasang TWRP di ini akan kami bahas secepatnya. Pantau terus postingan di blog ini.

Loading...

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!