Home / Install ROM / Cara Unlock Bootloader Redmi 6 (Cereus) Dan Redmi 6 Pro (Sakura)

Cara Unlock Bootloader Redmi 6 (Cereus) Dan Redmi 6 Pro (Sakura)

Cara Unlock Bootloader Redmi 6/ 6 Pro – Tak bisa di pungkiri lagi bahwa saat ini Xiaomi sukses memasarkan perangkat Android mereka di berbagai belahan dunia. Dan itu menjadi mereka lebih meningkatkan proteksi smartphonenya, salah satu caranya dengan mengunci Bootloader perangkat mereka salah satunya Redmi 6 Pro ini.

Kalau kalian saat ini sudah memiliki Redmi 6 atau Redmi 6 PRO dan ingin membuka kunci Bootloader yang dikenal dengan istilan Unlock Bootloader. Bisa mengikuti tutorial yang di share di laman ini.

Xiaomi Redmi 6 Pro memiliki layar berukuran 5.84 Inch dan resolusi mencapai 1080 x 2280 pixel membuatnya terkesan lebih menakjubkan dengan layar berponinya. Bentang layarnya tentu semakin lapang dan terlihat lebih berkelas karena memiliki aspek rasio 19:9.

Redmi 6 Pro dalam hal performa sudah tidak diragukan lagi karena oleh Xiaomi telah disematkan Prosesor Snapdragon 625 yang akan berkolaborasi dengan kinerja memori RAM 3 / 4 GB. Seperti biasanya Xiaomi bukan hanya merilis satu varian, melainkan ada beberapa tipe dengan pilihan memori internal 32 / 64 GB.

Selain memiliki prosessor yang mumpuni, pengguna Redmi 6 Pro akan disuguhkan dengan pengalaman bermain game yang semakin lancar, ini berkenaan dengan GPU Adreno 506 untuk mendukung kualitas grafis yang lebih mulus. Kelengkapan lain yang tersedia pada Redmi 6 Pro ialah baterai yang kapasitasnya cukup besar, hingga 4000 mAh.

Untuk menyempurnakan antarmuka MIUI 10 yang baru maka didalamnya ditanamkan sistem operasi Android 8.1 (Oreo).

Apa Itu Bootloader

Bootloader adalah suatu program yang ada di perangkat Android yang bertugas memanage program yang akan berjalan setelah HP kalian di hidupkan. Dengan Bootloader yang terkunci, program ini tidak akan bekerja apabila ada partisi yang tidak di kenal terpasang di HP kita. Contoh partisi adalah Recovery, dimana kalau kita mengganti Recovery ini dengan TWRP otomatis Bootloader tidak akan bekerja algi dan HP kalian akan Bootloop.

Apa itu Unlock Bootloader

Unlock Bootloader yang biasa kita singkat jadi UBL adalah suatu proses untuk membuka kunci Bootloader. Tidak semua vendor mengizinkan kita untuk membuka kunci Bootloader perangkat Android mereka. Untuk pengguna Xiaomi termasuk beruntung karena sampai saat ini Xiaomi masih membolehkan kita untuk Unlock Bootloader Android mereka.

Fungsi Unlock Bootloader

Pada dasarnya Unlock Bootloader ini bertujuan agar kita bisa mengganti stock recovery dengan TWRP, dengan adanya TWRP kalian akan di mudahkan untuk melakukan Root, install custom ROM dan berbagai file lainya.

Selain itu tidak kalah penting, memungkinkan kita untuk melakukan flashing dengan Mi Flash Tool tanpa harus melakukan test point.

Untuk proses lengkapnya cara Unlock Bootloader di Redmi 6 dan juga di Redmi 6 Pro, silahkan ikuti langkah dmei langkah yang kami sampaikan di bawah ini.

Cara UBL Redmi 6 PRO

Pertama-tama kalian harus memiliki Mi Account. Silahkan buat akun MI di hape kalian terlebih dahulu.

Silahkan Download Mi Unlock Flash Tool ini. Kemudian extract file UBL Redmi 6 / PRO tersebut di Komputer atau Laptop.

Sekarang matikan Redmi 6 dan selanjutnya Tekan tombol Volume Bawah Dan Tombol Power bersamaan dan lepaskan setelah beberapa detik. Nanti smartphone kalian akan masuk ke mode Fastboot. Seperti gambar di bawah ini.
ubl redmi 6 pro

Jalankan aplikasi Mi Unlock pada PC atau Laptop Anda. klik Agree untuk melanjutkan
Sekarang colok Redmi 6 ke Komputer atau laptop dengan menggunakan kabel USB asli dari Xiaomi. Nanti di program Mi Unlock Tool akan muncul tombol UNLOCK.
unlock now bootloader redmi 6 pro

Silahkan klik Tombol Unlock dan tunggu hingga selesai 100% dan muncul Tulisan reboot phone.

Sekarang Redmi 6 Pro kalian ter-unlocked bootloadernya. Kalian sudah bisa memasang TWRP dan melakukan root ataupun langsung install custom rom.

Apabila kalian masih gagal dan disuruh menunggu 360 jam, kalian bisa mencoba UBL lagi 360 jam atau 15 hari kemudian. itu merupakan kebijakan dari Xiaomi terbaru. Jadi tidak serta merta langsung sukses, kalau bisa langsung berhasil bearti kalian beruntung, tapi biasanya akan disuruh mengulangi lagi UBL beberapa hari kemudian. Dan tidak selalu di suruh menunggu selama 15 hari terkadang cuma 3 hari bahkan ada yang sampai sebulan.

OK, sekian dulu tutorial tentang Unlock Bootloader Redmi 6 dan Redmi 6 Pro. Semoga dengan artikel ini kalian bisa berhasil 100% membuka kunci Bootloader smartphone ini.

Loading...

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!