Home / Install ROM / Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8 [Ginkgo]

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8 [Ginkgo]

Cara UBL Redmi Note 8 – Untuk kalian yang saat ini baru saja membeli Redmi Note 8, dan berniat melakukan Unlock Bootloader (UBL). Kalian bisa mengikuti panduan lengkap yang kami jabarkan dibawah ini.

Redmi Note 8 adalah salah satu smartphone terbaru Xiaomi yang dirilis pada pertengahan tahun 2019 ini. Smartphone ini merupakan penerus kesuksesan dari Redmi Note 7 yang telah lebih rilis.

Smartphone ini dibekali dengan chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 665 yang disandingkan dengan tiga varian RAM dan memori internal, yang terdiri dari 3/32 GB, 4/64 GB, dan 6/128 GB. Redmi Note 8 ini berjalan di sistem operasi Android 9.0 Pie yang dilapisi antarmuka MIUI 10.

Pada bagian display, ukuran layar Redmi Note 8 berdiagonal 6,3 inci beresolusi Full HD+ dengan teknologi IPS LCD dan memiliki aspect ratio yang 19,5:9. Smartphone ini mengusung konfigurasi quad-camera yang terdiri dari kamera beresolusi 48 MP (f/1.8, wide), 8 MP (f/2.2, ultrawide), 2 MP (f/2.4, macro lens), dan 2 MP (f/2.4, depth sensor) dan untuk kamera selfie beresolusi beresolusi 13 MP (f/2.0).

Xiaomi juga menghadirkan smartphone ini dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh dan sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat 18W.

Xiaomi salah satu produsen yang selalu mendukung penggunanya baik itu dalam layanan service maupun dalam hal oprekan. Xiaomi masih memberi kita kebebasan untuk melakukan Unlock Bootloader disemua perangkat Android mereka. Mereka menyediakan tool khusus untuk UBL yang bisa kita gunakan secara gratis.

Unlock Bootloader atau biasa disingkat dengan UBL, adalah hal pertama yang harus kalian lakukan apabila ingin mengoprek Redmi Note 8 ini. Dengan akses bootloader yang telah dibuka, kita bisa memasang TWRP untuk memasang custom ROM ataupun menginstall Magisk untuk membuka akses rootnya.

Salah satu keuntungan dari Unlock Bootlaoder ini adalah memungkinkan kita untuk melakukan flashing atau install ulang firmware dengan Mi Flash Tool. Ini merupakan poin penting, kenapa banyak yang melakukan Unlock Bootloader.

Nah, sekarang kalau memang berniat UBL Redmi Note 8 kalian, bisa mengikuti tutorial yang kami jelaskan dibawah ini. Tapi untuk melakukan UBL pastikan memiliki perangkat PC atau Laptop dengan operasi sistem Windows dan juga memiliki akses internet.

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8

  1. Pertama-tama kalian harus memiliki Mi Account. Silahkan buat akun MI di Redmi kalian terlebih dahulu.
  2. Setelah itu buka Setelan pilih Tentang Ponsel kemudian klik 7x berturut-turut pada tulisan Versi MIUI sampai munucl tulisan “Anda telah menjadi pengembang“.
    opsi pengembang redmi note 8
  3. Langkah selanjutnya, kalian pilih Setelan Tambahan dan pilih Opsi Pengembang. kemudian aktifkan Buka Kunci OEM dan Debugging USB.
    OEM Unlock opsi pengembang
  4. Setelah itu lakukan binding akun Mi. Buka Status Mi Unlock kemudian klik tambahkan akun dan perangkat. Kalau berhasil akan muncul keterangan “Berhasil ditambahkan. Akun Mi tertaut dengan perangkat ini“.
    binding akun mi
  5. Kalau sudah, Sekarang silahkan Download File UBL Redmi Note 8 (Ginkgo). Kemudian extract file UBL tersebut di Komputer atau Laptop di drive C:\ atau D:\.
  6. Sekarang matikan Redmi Note 8 kalian setelah itu tekan tombol Volume Bawah Dan Tombol Power bersama-sama dan tahan selama beberapa detik. Nanti Xiaomi kalian akan masuk ke mode Fastboot. Seperti gambar di bawah ini.
  7. Setelah itu double klik file miflash_unlock.exe. klik Agree untuk melanjutkan. Setelah itu sambungkan Redmi Note 8 ke komputer atau laptop dengan menggunakan kabel USB asli dari Xiaomi. Nanti di program Mi Unlock Tool akan muncul tombol UNLOCK.
  8. Silahkan klik Tombol Unlock dan tunggu hingga selesai sampai muncul tulisan unlocked successfully. Itu bearti UBL telah 100% sukses dilakukan pada Redmi Note 8 kalian.
    ubl redmi note 8 sukses

Kalau muncul keterangan Couldn’t unlock, itu berarti kalian harus menunggu selama 360 jam atau 2 minggu baru bisa melakukan UBL. Tapi waktu menunggu terkadang ada yang hanya 72 jam saja.
bypass ubl 360 jam

Tips tombol Unlock tidak bisa diklik

Untuk kalian yang mengalami masalah tombol unlock tidak bisa diklik, itu dikarenakan PC tidak berhasil mendeteksi Redmi Note 8 kalian. Untuk solusinya dengan menginstall USB driver Xiaomi terlebih dahulu. Caranya di folder UBL, kamu klik file MiUsbDriver.exe, otomatis USB Driver akan terinstall setelah itu Reboot PC kalian terlebih dahulu.

Kami harap dengan tutorial ini, bisa langsung sukses unlock bootloader Redmi Note 8 kepunyaan kalian. Tentunya sudah bisa untuk memasang TWRP ataupun melakukan flashing via Mi Flash tool.

Loading...

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!