Home / Tips Android / Fitur-Fitur Keren Yang Tersembunyi Di Samsung Galaxy A

Fitur-Fitur Keren Yang Tersembunyi Di Samsung Galaxy A


Di awal tahun 2017, samsung merilis smartphone android di tanah air dan tidak tangung-tangung langsung 3 varian sekaligus di lini Galaxy A (2017). Sama dengan seri-seri sebelumnya, samsung selalu menghadirkan beragam inovasi yang biasa di benamkan di smartphone mereka, tapi ada beberapa fitur yang secara default memang tersembunyi dan kita bisa mengaktifkan fitur-fitur tersebut.

Bermacam-macam fitur terbaru yang sebenarnya bisa kalian manfaatkan untuk mempermudah penggunaan Galaxy A. Lalu, apa saja sih fitur-fitur tersebut? Bagaimana pula pengaturannya?

Baca Juga

Floating Shutter

Bisa di bilang ini sebagai fitur yang dihadirkan di lini Galaxy A Series. Floating Shutter akan memberikan kalian pengalaman baru dalam menggunakan kamera. Dengan mengaktifkan Floating Shutter, kalian akan lebih mudah memotret dalam segala posisi saat memegang ponsel.
Tapi sangat disayangnya fitur ini tidak aktif secara default. kalian membutuhkan sebuah trik untuk mengaktifkannya. Begini caranya untuk mengaktifkan fitur ini:

Di mode kamera aktif, pilih ikon settings yang berada di pojok kanan atas. Berikutnya kalian geser ke bawah hingga menemukan opsi Floating Camera button dan aktifkan opsi tersebut dengan menggeser togglebar hingga berwarna biru.

Kemudian kembali ke viewfinder kamera, Di sana kalian akan menemukan ikon Floating Shutter. Kemudian Tekan dan tahan beberapa saat ikon tesebut, dan kalian pun bisa menggesernya ke area layar manapun sesuai keinginan kalian, yang pasti harus memudahkan kalian saat akan memotret foto.

Split Screen Multitasking
Fitur SplitScreen akan membantu kalian untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Fitur ini sebenarnya merupakan fitur native di Android 7.1 Nougat. Meski begitu samsung berhasil membuat fitur ini berjalan di Android Marshmallow.

Hanya saja, tidak semua aplikasi mendukung fungsi split screen ini. Agar kalian bisa mengaktifkan fitur Split Screen, kalian cukup menekan dan tahan tombol recent Apps beberapa saat hingga muncul daftar aplikasi dengan dua jendela layar. Berikutnya, kalian tinggal membuka aplikasi-aplikasi manasaja yang bisa ditampilkan di Split Screen.

One-handed mode
Sebenarnya fitur ini sudah lama ada di beberapa tipe smartphone Samsung lawas. Dengan mengaktifkan mode One-handed, kalian bisa mengakses bermacam fitur maupun aplikasi android dengan satu tangan.

Untuk mengaktifkannya One-handed mode ini, kalian masuk ke menu Settings – Pilih Advanced features – Cari dan aktifkan opsi One-handed operation dengan menggeser togglebar.

Pin Windows
Kalian yang sering menunjukan aplikasi tertentu atau tayangan YouTube ke teman-teamn, bisa memanfaatkan fitur Pin Windows. Fitur ini memungkinkan kalian untuk selalu menampilkan tayangan aplikasi tertentu di layar smartphone, sehingga orang lain tidak bisa meninggalkan tampilan tersebut untuk melihat menu, aplikasi atau fungsi lain di smartphone kalian.

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke menu lock screen and securityother security settings, dan cari opsi Pin Windows. Kemudian geser togglebar untuk mengaktifkannya. Berikutnya buka recent apps dan pilih aplikasi yang diinginkan, di bagian bawah tampilan aplikasi kalian akan menjumpai ikon Pin (paku) tekan dan Start untuk memulai Pin Windows.

Jika sudah tidak dibutuhkan, kalian harus menonaktifkan Pin Windows dengan cara menekan tombol back dan recent apps secara bersamaan.

Blue Light Filter
Fitur ini selain bisa sedikit menghemat baterai, mengaktifkan BlueLight Filter juga bisa mereduksi efek paparan sinar biru berlebih yang bisa merusak mata, jika kalian terlalu lama melihat layar smartphone.

Blue Light filter yang aktif, secara otomatis akan membuat tampilan layar ponsel jadi terlihat meredup dengan pancaran cahaya berupa warna kekuning-kuningan. Fitur ini pun tidak secara default aktif, melainkan kalian harus mengaturnya terlebih dulu. Masuk ke menu SettingsDisplayBlue light filter. Di sini, kalian bisa mengaktifkannya terus menerus atau berdasarkan jadwal.

Send SOS message
Fitur sangat berguna apabila kalian dalam kondisi darurat. Misalnya ketika sedang dalam bahaya, atau saat terjadi tindak kejahatan.

Dengan fitur ini, kalian bisa mengirimkan pesan darurat dalam bentuk foto atau suara ke nomor tertentu yang telah kalian daftarkan terlebih dahulu. Dalam kondisi darurat, kalian tinggal menekan tombol power 3 kali berturut-turut untuk mulai mengirimkan pesan SOS.

Agar kalian bisa menggunakannya, kalian harus melakukan sedikit pengaturan. Masuk ke menu SettingsAdvanced features – Cari Send SOS message, buka dan aktifkan.

Setelah itu kalian daftarkan nomor telpon penting yang kalian inginkan dan nantinya bisa membantu ketika kalian dalam kondisi darurat. kalian bisa mendaftarkan hingga empat nomor berbeda.

Loading...

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *