Home / Aplikasi / Foto Bokeh Makin Keren Dengan Google Camera HDR+
Loading...

Foto Bokeh Makin Keren Dengan Google Camera HDR+

Kamera ponsel belakangan memang menjadi salah satu faktor utama ketika akan memilih sebuah smartphone. Penggunaan selfie yang masih kuat juga membuat produsen HP berlomba-lomba menghadirkan kamera HP dengan kualitas terbaik. Tidak hanya sampai disitu, bahkan kini sudah merambah ke penggunaan dua kamera.

Makanya populartitas smartphone dual kamera saat ini menanjak. Dikarenakan dengan dual kamera ini, pengguna bisa merasakan hasil foto seperti layaknya kamera DSLR dengan foto yang fokus dan latar yang blur atau dikenal dengan istilah bokeh.

Baca Juga

Di kamera HP, focal length dan aperture lensa tidak bisa diubah. Pada umumnya aperture lensa pada smartphone saat ini adalah f.2.0, ini yang menyebabkan sulitnya sobat untuk menghasilkan foto bokeh secara alami dengan kamera HP.

Sebenarnya, gambar bokeh yang dihasilkan oleh kamera ponsel ini dibantu dengan pemrosesan oleh perangkat lunak atau aplikasi. Sehingga, akan menghasilkan dua bidikan yang kemudian disatukan. Satu foto fokus, dan satu lagi foto blur.

Mengambil foto memang mudah, namun tidak semua orang bisa mengambil foto yang baik. Untuk bisa mengambil foto dengan baik, sobat memang harus belajar banyak hal mulai dari komposisi, pencahayaan, hingga teknik dasar kamera. Tentunya semua itu memerlukan proses pembelajaran yang tidak sebentar.

Sebenarnya untuk mendapatkan kamera bokeh ini, tak mesti dari ponsel dual kamera. Ada beberapa smartphone yang juga bisa mengambil foto bokeh dengan satu kamera. Nah, kamera single dengan fitur bokeh ini diantaranya ditawarkan oleh Google Pixel dan Pixel 2. Dan hasilnya gambarnya tak kalah dengan smartphone yang dibekali kamera ganda.

Bokeh dalam istilah fotografi adalah efek blur pada latar belakang foto. Efek blur tersebut bisa kita hadirkan melalui cara mendekatkan kamera dengan objek dan mencari titik fokus paling dekat. Atau sobat juga bisa menggunakan aplikasi pengolah foto untuk menampilkan efek blur.

Nah, berutungnya, aplikasi kamera Google Pixel ini sudah berhasil diporting oleh salah seorang member di komunitas XDA Developers. Sehingga, sobat juga bisa menggunakannya. Cukup download dan install aplikasi Kamera Google Pixel saja. Tapi, berhubung aplikasi ini bukan bersumber dari Google resmi, resiko harus sobat tanggung sendiri, terutama mengenai keamanannya.

Yang jelas, saya sudah mencoba aplikasi kamera ini di Redmi 5A dengan custom ROM Resurrection Remix. Dan hasilnya bisa sobat lihat sendiri. Lumayan hasilnya kan? Buat yang ingin mencoba aplikasi ini di HP nya, silahkan di cek lagi versi Android smartphone sobat. Sebab ini aplikasi ini hanya bisa berjalan dengan baik pada Android 7 Nougat atau yang lebih baru.

Nah, berhubung aplikasi ini digunakan di ponsel Redmi 5A yang cuma dibekali hardware kelas menengah, proses editing untuk menghasilkan foto bokeh ini terasa sedikit lambat. Tapi, untuk hasil tetap bisa diandalkan. Buat yang mau mencoba, saya sediakan link-nya di bawah ini.

Download Google Pixel Kamera

Loading...

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...