Home / Cara Root / Kelebihan Dan Kekurangan Membuka Akses Root Android
Loading...

Kelebihan Dan Kekurangan Membuka Akses Root Android

Apabila kamu telah menggunakan Android cukup lama tentunya pernah mendengar kata root di android. ROOT itu merupakan istilah dari Linux yang berfungsi untuk memberikan kuasa penuh bagi pemilik perangkat android, dimana kalian bisa masuk ke system android untuk mengakses file, memodifikasi file yang tidak mungkin bisa kita lakukan jika smartphone belum terbuka akses rootnya.

Secara default para vendor pembuat smartphone android tidak menginjikan kalian membuka akses ke root system, karena memang resiko kerusakan smartphone android akan semakin besar apabila salah dalam memodifikasi systemnya.

Baca Juga

Kelebihan Root pada Android

  • Memperoleh Hak Akses Sebagai Super User
    Android yang sudah berhasil di root, kalian bisa dapat lebih leluasa mengakses, mengedit semua file, command, system. Dengan begitu kalian bisa bisa memodifikasi sistem yang berjalan di android, seperti merubah systemUI, menambah/mengurangi aplikasi sistem dan lain sebagainya.
  • Meningkatkan Kemampuan Android
    Dengan melakukan Root kalian dapat lebih memaksimalkan semua kinerja pada Smartphone anda. seperti melakukan Overclock,Melakukan swap RAM,dan system Tweak lainya.
  • Merubah Tampilan
    Dengan terbukanya akses root kalian dapat mengcustom seluruh tampilan pada smartphone anda mulai dari tampilan awal, shortcut hingga widgets. Kalian akan bebasa menginstall berbagai custom rom, seperti ROM TouchWiz akan merubah semua tampilan android kalian menyerupai samsung, ROM ColorOS bisa merubah smartphone kalian menjadi smartphone kepunyaan Oppo, ROM MIUI bisa menjalankan UI kepunyaan Xiaomi.
  • Dapat mengenal android lebih dalam lagi
    Mungkin dengan melakukan root secara sadar atau tidak kalian sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menelusuri seluk-beluk Android anda. Misalnya memperbaiki smartphone yang error, melakukan instalasi ulang dan sebagainya

Kekurangan Root pada Android

  1. Menghilangkan garansi Android
    Android yang sudah di Root itu sangat menyenangkan menyenangkan, tapi ada konsekuensinya karena garansi tidak akan berlaku lagi. Direkomendasikan apabila kalian ingin me-Root smartphonenya, alangkah baiknya menghabiskan terlebih dahulu garansinya.
  2. Rentan terinveksi virus
    Root itu membuka akses ke sistem jadi setelah terbuka akan rentan terinfeksi virus apabila kalian ceroboh. Tapi meskipun begitu, Tapi sekarang sudah banyak Vendor Antivirus ternama yang sudah menyusup kedalam perangkat Android seperti Bitdefender, Kaspersky, ESET, Avast dan AVG.

Nah sekarang kalian sudah mengerti dan mengetahui kelebihan dan kekurangan root android. Apabila kelebihan root itu yang kalian cari silahkan mencari cara mendapatkan akses root sesuai dengan smartphone android yang kamu gunakan, karena kadang-kadang cara-caranya berbeda beda. Tapi kalau ingin meminimalkan resiko lebih baik tidak usah di root.

Loading...

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...