Home / Uncategorized / Perlukah Face Unlock, Fingerprint Scan Dan Iris Scan?

Perlukah Face Unlock, Fingerprint Scan Dan Iris Scan?

Saat ini tentunya banyak yang percaya bahwa biometrik scan adalah keamanan tertinggi yang bisa kita pakai; banyak film sudah menunjukkan ke kita. Ironisnya film yang sama juga menunjukkan betapa mudahnya biometrik ditiru ataupun dihack. Sekedar info Biometrik scan yang saya maksud seperti Face Unlock, Fingerprint Scan Dan Iris Scan.

Mitos biometric unlock, termasuk fingerprint, iris retina scan, face unlock, bahkan kalau nantinya ada dna scan; adalah password terburuk yang pernah bisa kita pakai! Karena biometrik melekat pada individu dan hampir tidak bisa diganti.

Baca Juga

Perlukah Face Unlock, Fingerprint Scan Dan Iris Scan?

Untuk kalian, saya cukup tanyakan 3 pertanyaan saja :

  1. Untuk kunci pintu rumah, Apa yang akan kalian lakukan jika seandainya kunci rumah kalian diduplikat orang ataupun hilang?
  2. Untuk password dengan character, Apa yang akan kalian lakukan jika seandainya password gmail kalian diduplikat/dihack orang lain?
  3. Untuk fitur face unlock, Apa yang akan kalian lakukan jika seandainya wajah kalian ditiru ataupun data biometriknya dicuri orang?

Ingat, saya tidak mempertanyakan cara ngehacknya, tingkat keamanan ataupun kemungkinan bisa kena hack nya. saya cuma menanyakan apa yang dilakukan setelah kena hack/dicuri. Karena yang namanya password, pasti berpotensi suatu hari akan dicuri/dihack ataupun ditiru orang yang tidak bertanggungjawab.

Jawaban :

  1. Mudah, tinggal ganti lubang kunci/gembok dan kuncinya. Mau siapapun yang ketemu kuncinya, dia tahu rumah kalian pun, tetap tidak bisa buka pintunya lagi karena lubang kuncinya sudah berubah. [pencuri masih bisa bobol tentunya, tapi itu uda beda kasus, sudah bukan pake kunci]
  2. Tentunya mudah, tinggal ganti password. Meskipun hacker uda ganti password kita, kebanyakan account service memberikan kemampuan bagi pemilik account asli untuk recover account aslinya dengan cara memberikan password lama. Kemudian kita ganti password nya menjadi password baru. Bahkan hanya sekedar mengganti dari Password menjadi P455w0rd juga sudah susah banget dihack lagi.
  3. Tidak ada jawaban yang memuaskan untuk pertanyaan ketiga ini. saya uda tanyakan di berbagai artikel di xda; yang ada malah jawaban strawmanning ataupun bercanda saja. Tidak pernah ada jawaban serius yang benar2 menjadi solusi nya. Karena semua orang tahu jawabannya adalah “ganti wajah“, yang berarti operasi plastik. Gila kan? hanya sekedar “wajah” dihack saja, kalian harus perlu operasi plastik, yang ga mungkin dilakukan semua orang kecuali kalian memang agen MI6 atau CIA. Ganti wajah berarti KTP kalian, SIM kalian, ijazah kalian dan semua identitas kalian akan berubah juga.

Kenapa biometrik tidak boleh jadi password? Karena sifat biometrik yang tidak bisa di ubah sejak lahir. kalian tidak mungkin pergi ke ibu kalian dan minta wajah baru, mata baru, jari tangan dan kaki yang baru, atau mungkin minta DNA baru. Segala sesuatu yang tidak bisa diubah dan tidak bisa dibatalkan penggunaannya, tidak boleh sekalipun dijadikan password. Tapi biometrik sangat cocok dijadikan User Id atau username, karena sifatnya yang statis dan melekat pada individu.

Jadi saya tidak menentang penggunaan biometrik sebagai username ataupun keperluan lain, tapi saya akan dalam barisan terdepan menentang penggunaan biometrik sebagai pengganti password. Waktu fingerprint jadi fitur unlock, saya sebenarnya uda tidak setuju. kalian sudah tahu sendiri bagaimana cara paling gampang menghack Hape teman kalian yang lagi tidur, hanya dengan menggunakan jari mereka sendiri. Tapi apa daya, saya cuma seorang biasa. Jadi minimal lewat kalian-kalian yang mungkin membaca sampai disini, saya memberitahukan untuk proteksi diri dan teman atau keluarga kita supaya tidak terkecoh dengan mitos biometrik sebagai pengganti password. Sudah dulu deh, kalau saya lanjut, bisa jadi skripsi nanti.

Kalau ada yang tau jawaban/solusi yang benar-benar nyata dari pertanyaan ketiga, silahkan diskusikan di form komentar. saya masih berharap ini salah. Soalnya trend face unlock dimulai dari Apple, yang akhirnya menyebarkan cacat teknologi nya ke berbagai vendor Android.

Loading...

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *