Home / Tips Android / 2 Cara Reset Redmi 6A Mengatasi Masalah Error

2 Cara Reset Redmi 6A Mengatasi Masalah Error

Redmi 6A memang baru setahun yang lalu di rilis, meskipun begitu pasti ada diantara kalian yang mengalami error seperti penyimpanan cepat penuh, aplikasi tidak bisa dibuka, ngelag atau lemot, sering hang, ataupun lupa dengan kata sandi atau pola. Cara paling mudah mengatasi masalah ini adalah dengan mereset kembali Redmi 6A ke pengaturan pabrik.

Seperti kita ketahui saat pertama kali membeli Redmi 6A, hp ini menjalankan Android 8.1 (Oreo) yang diperkuat dengan prosesor quad-core 2.0 GHz dari Mediatek Helio A22 dan dipadu dengan RAM berkapasitas 2GB. Xiaomi juga membekali smartphone ini dengan penyimpanan internal seluas 16 GB serta satu slot tambahan microSD card sebagai eksternal dengan kemampuan hingga 256GB.

Penyimpanan yang disediakan Xiaomi ini tergolong kecil di era sekarang, pastinya akan terasa cepat penuh. Salah satu hal yang menyebabkan HP kalian mengalami lag atau lemot, dikarenakan memory penyimpanan yang hampir penuh baik itu data maupun cache.

Melakukan reset pada Redmi 6A adalah solusi termudah untuk mengatasi berbagai hal yang bikin HP kamu menjadi error, Reset ini akan menghapus semua data-data sehingga ponsel kalian menjadi bersih dan fresh seperti saat pertama kali membelinya.

Selain itu dengan reset ini juga akan mengatasi ponsel kalian dari lupa akan password ataupun pola bahkan stuck di logo atau biasa kita kenal dengan istilah bootloop, kemungkinan besar bisa diatasi dengan mereset Redmi 6.

Untuk cara reset di Xiaomi Redmi 6A ini ada 2 cara yang bisa kalian lakukan, kedua cara ini memiliki fungsi yang sama, cuma metodenya saja yang berbeda.

Kedua metode ini bisa diterapkan di Xiaomi Redmi 6A yang menggunakan Android 8.0 Oreo baik itu di MIUI 9 maupun MIUI 10. Tapi ingat!! ada beberapa hal yang haus kalian ketahui:

  • Reset akan menghapus semua aplikasi/game yang pernah terinstall dan juga kontak serta SMS.
  • Pastikan kamu ingat Akun Google dan Akun Mi yang terdaftar melalui Redmi 4A kamu.
  • Usahakan baterai masih tersisa minimal 50%, untuk berjaga saat proses reset kehabisan daya.
  • Bagi yang hanya muncul bahasa China, pilih recovery kemudian pilih tombol warna biru.

Metode 1: FActory Reset Redmi 6A via Setting

Metode reset melalui menu setting, merupakan cara termudah kalau kalian mengalami masalah seperti lag, aplikasi sering tertutup sendiri, penyimpanan penuh. Intinya asalakan HP kalian masih bisa digunakan untuk mengakses menu setting.

  1. Buka Setelan selanjutnya pilih Setelan Tambahan kemudian Buat cadangan & setel ulang.
  2. Langkah berikutnya Kembalikan ke setelan pabrik di menu tersebut kalian pilih Data Personal. Kalau kalian memilih Hapus isi yang tersimpan maka semua foto,video dan lain-lain akan ikut terhapus.
  3. Tunggu sampai proses reset sampai selesai, kalau telah selesai otomatis Redmi 6A kalian akan Reboot, proses reboot akan sedikit lama dari biasanya

Langkah berikutnya apabila metode Reset melalui pengaturan tidak berhasil menyelesaikan masalah di Redmi Note 4 kalian, bisa mencoba lanjut dengan melakukan Hard Reset via Recovery.

Metode 2 : Hard Reset Redmi 6A via Mi Recovery

Metode kedua ini khusus untuk yang memang tidak bisa melakukan cara diatas, HP kalian mengalami bootloop ataupun lupa akan password dan pola. Metode ini lebih baik dari via setting, karena akan lebih bersih dan lebih baik dalam hal mengatasi permasalahan HP Xiaomi kalian.

  1. Matikan HP Redmi 6A kalian terlebih dahulu, setelah itu tekan tombol VOLUME ATAS dan tombol POWER bersama-sama dan tahan kemudian lepaskan setelah muncul Logo Mi
  2. Kalau benar prosesnya akan masuk ke Mi Recovery. Pilih English dengan menggunakan tombol Volume sebagai navigasi naik turun dan tombol POWER sebagai “Enter“.
  3. Setelah itu kalian pilih menu Wipe & Reset
  4. Kemudian pilih WIPE Cache selanjutnya konfirm dengan memilih tombol YES setelah Wipe Cache Complete kalian pilih BACK
  5. Sekarang kalian pilih WIPE USER DATA dan lakukan prosesnya sama dengan Wipe Cache
  6. Kalau update sudah complete silahkan pilih menu Reboot kemudian Reboot to System untuk menghidupkan kembali Redmi 6A

Silahkan kalian tunggu untuk proses booting yang sedikit lebih lama dari biasanya mungkin berkisar antara 5 – 15 menit. Kalau sudah masuk ke setup awal lagi, itu bearti HP kalian sudah berhasil di perbaiki.

Kalau memang masih gagal diperbaiki, kemungkinan ponsel kalian mengalami kerusakan berat, tidak bisa diatasi dengan hanya mereset saja tapi harus dilakukan flash ulang via PC. Atau kalian bawa ke service center apabila masih ada garansinya.

Demikianlah proses reset Redmi 6A, semoga apa yang kami share diatas bisa mengatasi beberapa error di Redmi 6A.

Loading...

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!