Home / Cara Root / 2 Panduan Mudah Root Redmi 5A (Riva) Semua Versi

2 Panduan Mudah Root Redmi 5A (Riva) Semua Versi

Kali ini belajardroid akan membagikan tutorial cara membuka akses root di smartphone Xiaomi Redmi 5A MIUI 9 / MIUI 10 / MIUI 11 versi Android Nougat dan Oreo. Proses rooting di smartphone ini tidaklah sulit, kalian bisa melakukan tanpa PC asalkan sudah terinstall Custom Recovery Team Win Recovery Project.

Seperti kalian ketahui Redmi 5A memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core berkecepatan 1,4 GHz, serta RAM 2 GB, dan penyimpanan internal sebesar 16 GB yang dapat ditambahkan Memory Card hingga 256 GB.

Xiaomi Redmi 5A dibekali dengan kamera utama beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.2, Phase Detection Autofocus, dan LED Flash sehingga dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara kamera selfienya memiliki resolusi 5 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie dengan baik.

Dengan performanya yang tidak terlalu boros sehingga baterai 3000 mAh dirasa sudah cukup. Bahkan pihak Xiaomi pun mengklaim bahwa smartphone ini dapat bertahan selama 8 hari dalam keadaan standby.

Smartphone ini memiliki layar 5 inci dengan resolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS merupakan salah satu hal yang menarik karena penggunanya akan nyaman dalam melihat gambar maupun video pada smartphone.

Saat di rilis Redmi 5A ini dibekali dengan antarmuka MIUI 9 dan saat ini pihak Xiaomi telah memberikan update interface terbaru mereka yakni MIUI 10. Bahkan telah beredar juga versi Android Oreo nya, meskipun masih dalam tahap beta.

Persyaratan Membuka Akses Root

Untuk meningkatkan kemampuan HP ini biasanya para pengguna akan memasang berbagai aplikasi untuk mengoptimalkan performanya. Tapi sangat disayangkan aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan akses root.

Untuk bisa meroot ponsel Redmi 5A ini, ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi

Download Bahan-bahan

Silahkan download terlebih dahulu bahan root ini, pilih salah satu saja. Tapi lebih disarankan untuk memakai Magisk saja, karena Magisk saat ini bisa digunakan di Redmi 5A berbasis Android 7.1 Nougat serta 8.1 oreo entah itu MIUI 9, MIUI 10 dan MIUI 11 serta memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan SuperSU.

Cara Root Redmi 5A Menggunakan Magisk

Kalau kalian saat ini belum mengetahui cara root Redmi 5A via Magisk, silahkan ikuti panduan yang kami jelaskan secara lengkap ini.

  1. Masuk ke TWRP, caranya tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul Logo Mi.
  2. Di TWRP pilih menu Install.
    Cara Install Magisk Di TWRP
  3. Cari file Magisk atau SuperSU telah di download.
    Pilih File Magisk Pada TWRP
  4. Geser opsi Swipe To Confirm Flash.
    Swipe to confirm flash Magisk Di TWRP
  5. Setelah selesai pilih Reboot System.
    Opsi reboot system pada TWRP
  6. Apabila muncul install SuperSU, pilih Do Not Install.
    Tombol do not install supersu TWRP
  7. Selesai

Proses booting mungkin sedikit lama jadi kalian sedikit bersabar saja, kalau sudah masuk ke Homescreen dan sudah terlihat aplikasi Magisk Manager atau SuperSU bearti proses rooting di Redmi 5A telah berhasil.

Root Redmi 5A via SuperSU

Sebelum kehadiran Magisk, SuperSU ini merupakan root tool paling populer seiring waktu SuperSU ini mulai ditinggalkan pengguna Android.

Tapi kalau memang kalian suka dengan SuperSU ini, masih kompatible untuk digunakan di Redmi 5A berbasis Android Nougat.

  1. Pertama masuk ke TWRP Redmi 5A.
  2. Pilih menu Install.
  3. Pilih file SuperSU.zip.
  4. Geser Swipe To Confirm Flash.
  5. Kemudian Reboot System.

Saat masuk ke beranda, kalian akan melihat aplikasi SupersU manager yang menandakan kalau root telah berhasil.

Solusi Bagi Yang Gagal Root Redmi 5A

Bagi yang tidak muncul Magisk Manager nya, silahkan install aplikasi Magisk Manager 6.0 ini. Kemudian buka aplikasinya, kalau minta silahkan di update saja.

Kalau cara di atas masih belum bisa juga, coba masuk lagi ke TWRP, kemudian pilih WipeAdvanced Wipe dan aktifkan Dalvik Art / Cache terus geser Swipe To Wipe.

Cara Menghapus/Unroot Magisk

Untuk menghapus atau unroot magisk, caranya juga sangat mudah, Buka Magisk Manager kemudian pilih Copot dan Pilih Copot Total. Tunggu beberapa saat, Nanti Redmi 5A kalian akan reboot sendiri atau lakukan reboot manual.

Nah begitulan proses rooting di Redmi 5A, cara di atas bisa kalian terapkan di MIUI 9 ataupun MIUI 10 baik itu Android 7.1.2 Nougat dan Android 8.0 Oreo.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *