Home / Tips Android / Cara Unlock Bootloader (UBL) HP Xiaomi Redmi Note 5A

Cara Unlock Bootloader (UBL) HP Xiaomi Redmi Note 5A


Berhubung saat ini banyak yang mengeluhkan kesulitan melakukan UBL pada Redmi Note 5A (UggLite), pada kesempatan malam ini kami akan bantu untuk menuliskan tutorial UBL atau Unlock Bootloader dimana proses UBL ini memerlukan seperangkat PC yang beroperasi system Windows.

Redmi Note 5A memiliki layar seluas 5,5 inci dengan performa yang mumpuni namun tidak mahal. Selain layarnya yang lebar dan desain yang tidak terlihat murah, Redmi Note 5A memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni seperti kamera belakang 13 MP dengan f/2.2, prosesor Snapdragon 425, dan baterai 3.080 mA.

Baca Juga

Di bekali juga IR Remote untuk mengontrol perangkat elektronik seperti TV dan AC layaknya menggunakan remot biasa. Dan, bagi yang ingin menggunakan dua kartu SIM bersama kartu micoSD berbarengan, Redmi Note 5A menggunakan model slot 3 kartu sehingga memungkinkan hal tersebut.

Hampir semua devices Android dari Xiaomi Bootloadernya di kunci, dan cara membukanya pun cukup ribet dimana kalian harus meminta izin terlebih dulu pada Xiaomi secara langsung.

Kalau dulu kalian dapat membuka kunci bootloader membutuhkan waktu sekitar 3 harian dan rupanya sekarang Xiaomi lebih mengketatkan lagi bagi yang request unlock bootloader dimana kita membutuhkan waktu lebih lama sekitar 2 mingguan lebih.

Bisa di ibaratkan bootloader itu seperti Pintu masuk yang di proteksi oleh Xiaomi yang bertujuan untuk mengamankan perangkat dari modifikasi system atau juga untuk mencegah pemalsuan produk.

Dengan melakukan UBL kita bisa memasang TWRP sekaligus melakukan root ataupun mnginstall custom rom dan salah satu hal yang penting dimana kalian bisa menginstall ulang dengan Flash Tool. Itulah mengapa banyak yang ingin melakukan UBL di Redmi Note 5A atau 5A Prime.

Langkah-Langkah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A

  • Langkah pertama Silahkan buat akun MI di hape kalian terlebih dahulu
  • Selanjutnya masuk ke Opsi Pengembang dengan cara buka Setelan pilih Tentang Ponsel kemudian klik 7x berturut-turut di Versi MIUI setelah itu pilih Setelan Tambahan dan pilih Opsi Pengembang
  • Langkah selanjutnya aktifkan Buka Kunci OEM dan Debugging USB
  • Setelah itu lakukan binding akun. Buka Status Mi Unlock kemudian klik tambahkan akun dan perangkat
  • Setelah itu buka browser dan request UBL dulu disini http://en.miui.com/unlock/ setelah klik Unlock Now
  • Selanjutnya kalian wajib memasukan Nama, Nomor telepon dan alasanya kenapa ingin unlock bootloader. Untuk alasannya bisa kalian tulis . Admin sarakan menggunakan bahasa inggris. Silahkan mengarang sendiri ,contohnya seperti ini dibawah ini:
    Please approve my request, because my phone bootlop and i want to flash
    *tapi jangan di copy paste kata-kata tadi tapi di rubah dikit karena nanti kalau banyak yang sama kata-katanya tidak akan di approve
  • Kemudian klik submit, nanti akan ada SMS ke nomor yang kalian daftarkan tadi. SMS nya berisi seperti ini “Your verification code is 111111. This code is valid for 5 minutes. If you didn’t request this code, ignore this messages.
  • Kemudian masukan kode verifikasi di kolom Apply for unlocking, akhiri dengan menekan Next
  • Selanjutnya kalian akan di minta menunggu sampai request kalian di approve. Kalo di setujui akan di kirimin SMS yang berbunyi seperti ini: You have been granted permission to unlock your device……….
  • SMS persetujuan ini tidak tentu waktunya kadang 3 hari bahkan lebih dari seminggu, jadi silahkan kalian tunggu aja.
  • Setelah permintaan UBL kalian di setujui pihak Xiaomi, langkah selanjutnya kalian Download Mi Unlock Flash Tool ini. Kemudian extract file tersebut di Komputer atau Laptop
  • Sekarang matikan Redmi Note 5A dan Tekan tombol Volume Bawah Dan Tombol Power bersamaan dan lepaskan setelah beberapa detik. Nanti smartphone kalian akan masuk ke Menu Fastboot.
  • Jalankan aplikasi Mi Unlock pada PC atau Laptop Anda. klik Agree untuk melanjutkan
  • Sekarang colok Redmi 5A ke Komputer atau laptop dengan menggunakan kabel USB asli dari Xiaomi. Nanti di program Mi Unlock Tool akan muncul tombol UNLOCK
    unlock now bootloader
  • Silahkan klik Tombol Unlock
  • Tunggu hingga selesai 100% dan muncul Tulisan reboot phone
  • Kalau muncul notifikasi seperti ini berarti kalian harus menunggu selama 360 jam atau 2 minggu baru bisa melakukan UBL.
  • Sekarang Redmi Note 5A kalian ter-unlocked bootloadernya.

Nah sekarang saya harap proses UBL Redmi Note 5A sudah sukses. Kalo ada yang mau di tanyakan bisa melalui kolom komentar di bawah ini, sebisa mungkin akan disempatkan waktu untuk membalas.

Loading...

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...