Home / Install ROM / Cara Mengatasi Evercoss Elevate Y2 Bootloop Dan Mati Total

Cara Mengatasi Evercoss Elevate Y2 Bootloop Dan Mati Total

Tutorial flashing Evercoss Elevate Y2 yang mengalami problem bootloop ataupun mati dengan menggunakan software Mediatek Flasher atau biasa disebut SPFlash Tool.

Kita sebagai pemilik smartphone juga harus pintar dalam penggunaanya dan juga mengatasi segala macam masalah terutama pada softwarenya.

Setiap ponsel ada 2 komponen penting, yakni hardware dan software. Jika salah satu komponen tersebut mengalami kerusakan tentunya HP kalian akan mengalami error bahkan bisa mati total.

Asalkan masalah yang kalian alami pada Elevate Y2 milikmu diakibatkan oleh masalah software, kemungkinan besar bisa diperbaiki sendiri. Bisa dengan mencoba melakukan hard reset ataupun melakukan install ulang software atau flash.

Untuk kalian yang ingin melakukan flash pada Evercoss Elevate Y2, bisa mengikuti panduan dari kamu ini. Tutorial di bawah ini menggunakan Windows 7 32-bit, intinya sama saja cuma mungkin tampilan akan sedikit berbeda.

Bahan-bahan

Pertama hal yang harus kalian lakukan adalah mendownload ketiga file dibawah ini kemudian ekstrak ke PC.

  1. Stock Firmware Elevate Y2
  2. Driver SPFlash Tool
  3. Software SP Flashtool

Cara Flashing Evercoss Elevate Y2 Dengan SP Flashtool

  1. spflashtool-1
    Buka explorer, arahkan mouse ke My computer, klik kanan dan pilih Manage
  2. Klik Device Manager, klik kanan nama PC kalian, lalu pilih legacy hardware.
  3. Klik next, lalu pilih Install the hardware manually (Advanced), lalu next, lalu pilih Have disk
  4. Lalu klik Browse dan arahkan ke folder hasil extract USB VCOM Driver yang sudah kalian download tadi, dan pilih sesuai OS yang agan pakai, klik OK
    spflashtool-3
  5. Pilih Mediatek Preloader USB Vcom Port lalu klik Next, next, lalu pilih Install this Driver Anyway, tunggu sampai proses selesai.
    spflashtool-4
  6. Setelah terinstall akan muncul penampakan driver di device manager.
    spflashtool-5
  7. Jika driver sudah terinstall, sekarang silahkan buka folder SP flashtool yang sudah di extract td, dan jalankan flash_tool.exe as administrator.
    spflashtool-6
  8. Pilih Scatter Loading. Pilih MT6592 Scatter File yang di folder firmware.
  9. Pastikan mode pada mode Download Only, setelah itu klik pada Download.
  10. Dalam keadaan HP mati, tekan dan tahan tombol Volume DOWN sambil kalian hubungkan HP ke laptop/PC. Nantinya SP flash tool akan langsung memflash ROM tersebut, tunggu sebentar sampai keluar gambar centang dan tulisan OK, dan selamat Elevate Y2 kalian telah sukses di flash
    sp-flashtool-infinix-hot-note

Akhir Kata

Sebelum membawa ke service center Evercoss, sebaiknya mencoba memperbaiki sendiri masalah bootloop yang menimpa Elevate Y2 kalian dengan melakukan instalasi ulang software Android.

Selain menambah pengetahuan kalian, bisa saja suatu saat kalian mendapatkan orderan untuk memperbaiki ponsel teman.

Demikianlah tutorial cara mengatasi HP Evercoss Elevate Y2 yang bootloop atau mati total dengan flash ulang menggunakan SPFlash Tool.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *