Home / Tips Android / Cara Mengatasi Lenovo A6010 Yang Matot/Softbrick via QFIL

Cara Mengatasi Lenovo A6010 Yang Matot/Softbrick via QFIL

Selamat datang kembali di belajardroid.com, kali ini kami akan membagikan trik cara bagaiamana cara mengatasi brick pada Smartphone Lenovo A6010. Smartphone kita matot atau softbrick bisa saja terjadi kapan saja dan tidak ada smartphone yang bebas dari kondisi tersebut.

Untuk kalian yang mempunyai Lenovo A6010 yang mengalami hal tersebut tidak lah perlu panik terlebih dahulu sebaiknya kalian mencoba dulu tutorial di bawah ini. Kalau memang kondisi HP kalian bukan karena kerusakan hardware tentunya tingkat keberhasilan bisa 90% sukses dengan tutorial ini

Di tutorial ini sangat di sarankan menggunakan Windows 7 dan sebaiknya menggunakan laptop agar saat flashing tidak menjadi hambatan apabila terjadi mati lampu.

Fix Lenovo A6010 Softbrick

Cara Flashing Lenovo A6010 Dengan QFIL

  1. Download Firmware Lenovo A6010 Dan Tool QFIL beserta Drivernya (tuk download file ini wajib gunakan Browser Chrome)
  2. Ekstrak semua bahan yang tadi kalian download
  3. Install USB Driver Lenovo dan QPST di PC/Laptop
  4. Matikan Lenovo A6010 (tunggu beberapa saat sampai dalam kondisi benar2 mati)
  5. Sekarang sambungkan HP ke PC dengan menggunakan Kabel USB sambil menekan tombol Volume Up+pilih masuk mode download
  6. Selanjutnya jalankan “QFIL” yang ada di tombol start “All program” yang gambar aplikasinya kayak download warna hijau lalu cari QPST yang telah di install tadi (Sesuai dengan versi windows anda)
  7. Setelah QFIL terbuka pastikan Lenovo terdeteksi di PC dengan keluar tulisan “Qualcomm HS-USB QDLoader XXXX” di tools QFIL, kalau sudah ada tulisan tersebut berarti HH udh terdeteksi,, sekarang klik Browse lalu cari file prog_emmc_firehose_8916.mbn yang ada di folder hasil ekstrak firmware, kemudian klik Open
  8. Setelah klik Open di file tersebebut, sekarang klik “Load XML” dan akan muncul “rawprogram_unsparse” klik Open di file tersebut kemudian akan muncul lagi file “patch0.xml” klik lagi open
  9. Sekarang klik Download di tools QFIL dan proses flashing akan berjalan tunggu sampai selesai
  10. Apabila proses Lenovo A6010 sudah selesai, Lenovo A6010 akan booting secara otomatis

Apabila tidak reboot otomatis, silahkan kalian cabut kabelnya dan hidupkan seperti biasa. Semoga tutorial ini bermanfaat buat kalian pengguna Lenovo A6010.

Kesimpulan

Memperbaiki Lenovo A6010 tidaklah sesulit yang kalian bayangkan, selama kerusakan tersebut bukan disebabkan karena ada komponen atau hardware yang rusak.

Menggunakan Qfil juga gampang, asalkan kalian mengikuti prosedur yang kami bagikan diatas tanpa ada step yang terlewatkan.

Intinya, lebih baik mencoba daripa tidak sama sekali. Hitung-hitung untuk menambah pengalaman kalian dalam mengatasi sebuah masalah pada ponsel Android.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *