Home / Cara Root / Cara Root Dan Pasang TWRP Xiaomi Redmi 2 MIUI 9 Tanpa PC

Cara Root Dan Pasang TWRP Xiaomi Redmi 2 MIUI 9 Tanpa PC

Cara Root Redmi 2 – Smartphone dari Xiaomi ini bisa dibilang HP lawas meskipun begitu pada masanya Redmi 2 ini paling populer dan banyak penggunanya. Dan mungkin saat ini kalian sudah memiliki HP ini tapi belum menemukan metode root termudah.

Redmi 2 dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan CPU Quad-core 1,2 GHz Cortex-A53 berarsitektur 64-bit. Pada Bagian grafisnya mengandalkan GPU Adreno 306, sementara untuk menunjang kebutuhan dayanya, dibekali pula baterai berkapasitas 2.200 mAh.

Untuk memanjakan pengguna yang senang berfoto-foto, Redmi 2 masih mengandalkan kamera berkapasitas 8 MP di bagian belakangnya, namun untuk kamera depan sudah ditingkatkan menjadi 2 MP.

Spesifikasi maupun fitur lain yang dibawa oleh Xiaomi Redmi 2 diantaranya ialah sistem operasi yang digunakan sudah menjalankan MIUI 6 Android v4.4.4 KitKat dan saat ini sudah mendapatkan update ke Lollipop. Selain itu fitur-fitur standar seperti konektivitas Bluetooth, Wi-Fi dan port microUSB juga tidak lupa ditanamkan didalamnya.

Di sini kami akan share cara paling mudah root Redmi 2, kalian tidak butuh PC untuk melakukanya. Cukup hanya dengan melakukan flashing via menu updater yang ada di MIUI baik itu MIUI 6, MIUI 7, MIUI 8 bahkan MIUI 9 bisa menggunakan metode simple root ini.

Di metode ini kalian akan memasang TWRP terlebih dahulu di melalui Updater, setelah TWRP terpasang, kalian bisa menginstall root tool seperti SuperSU atau Magisk Root. Tapi untuk magisk root hanya bisa kalau kalian menggunakan OS Lollipop ya.

Kelebihan Redmi 2 Yang Di Root

  1. Menghapus bloatware – sehingga tidak running di background maupun makan memory
  2. Tweak CPU scaling governor – Bisa ditweak supaya CPU selalu running top perfomance, atau power save mode dengan cara set max dan min frequency. Bisa juga suspend/sleep beberapa corenya dengan tujuan menghemat batere.
  3. Merubah hardware key – Swap tombol back dengan menu. Ganti ulang semua coding tombol hardware, matiin LED, matiin Hardware key dan backlightnya.
  4. Mengubah prioritas Default App dan Share – Ini bisa dicapai dengan menggunakan Xposed Module Complete Action Plus. Jadi kalian bisa menyembunyikan default app yang menjadi terlalu panjang untuk discroll karena sudah install banyak app. Default share juga bisa ditata ulang supaya app share favorit kalian berada di list paling atas.
  5. Cheat game – via game killer, hex editor, sqlite editor. Kalian bisa buat score dari Candy Crush jadi 2.147.483.647, Stat di chaos ring 2 jadi 9999, unlimited money, unlimited items. Ataupun hanya sekedar mengintip jawaban kuis logo/tebak2an di database SQL nya.
  6. Bisa backup melalui Titanium Backup – Backup dan restore bawaan sebenarnya sudah cukup mantap. Hanya saja fiturnya terbatas. Titanium backup memiliki segudang fitur yang membuatnya app wajib bagi yang uda root. Contohnya multi backup profile, filter, labeling, scheduling, attach note, protect backup, dan masih banyak lainnya

Kekurangan Redmi 2 Yang Telah Di Root

  1. Garansi hilang secara software – kalau kalian klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  2. Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kalian salah memodifikasi, smartphone kalian bisa error.
  3. Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kalian sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

Bahan Root Redmi 2

1. TWRP buat Redmi 2 HM2014811,HM2014817,HM2014818,HM2014819,HM2014821
2. TWRP buat Redmi 2 HM2014813/12/16
3. Download SuperSU 2.8.2

Cara Pasang TWRP Dan Root Redmi 2

  1. Setelah file TWRP terdownload, kalian ganti namanya menjadi update.zip (pastikan tulisannya hruf kecil semua) dan tempatkan file tersebut di Penyimpanan Internal/Internal Storage (jangan taruh di dalam folder!!)
  2. Setelah itu buka aplikasi Updater/Pembaharuan yang berada di Folder Tools atau Alat kemudian kalian pilih 3 titik yang berada di pojok kanan atas. Berikutnya Pilih Paket Pembaharuan dan pilih file update.zip
  3. Nanti smartphone Redmi 2 kalian akan reboot dan menginstall TWRP.
  4. Setelah selesai pemasang TWRP, lanjut dengan menginstall SuperSU. Untuk caranya matikan Redmi 2 terlebih dahulu kemudian tekan tombol Volume Atas, Bawah dan Power, tekan bersamaan dan tahan sampai muncul logo “MI” dan lepaskan ke 3 tombol tersebut.
  5. Setelah berada di TWRP kalian pilih Install kemudian pilih file SuperSU-v2.82-201705271822.zip dan selanjutnya geser Swipe to Install
  6. Selanjutnya Reboot System

Nah, sekarang kalian tinggal menunggu proses booting sekitar 5 menitan, kalau berhasil di root nanti di homescreen akan nampak aplikasi SuperSU.

Loading...

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *