Home / Samsung / 4 Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy J7 / Prime / Pro / Max

4 Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy J7 / Prime / Pro / Max

Pengguna Samsung Galaxy J7 / Prime / Pro / Max seringkali merasakan beberapa masalah pada HP kesayangan tersebut. Karena itulah, Anda perlu untuk mereset ulang ke pengaturan pabrik.

Selain membawa layar berukuran luas 5.7 inci, resolusi panel PLS yang digunakan Samsung Galaxy J7 Max juga memiliki resolusi sangat tinggi, yaitu 1080 x 1920 piksel. Samsung telah membekalinya dengan penahan goresan Corning Gorilla Glass 3.

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Max adalah pada sektor kamera karena Samsung telah menyematkan single kamera pada bagian belakangnya beresolusi 13 MP autofocus dengan aperture f/1.7. Sementara untuk berfoto selfie, Samsung telah menyematkan kamera beresolusi 13 MP dengan bukaan f/1.9 yang juga didukung dengan LED flash.

Kapasitas internal storage smartphone ini sendiri sebesar 32GB. Kalau suka menyimpan foto dan video lainnya mungkin memori tersebut kurang besar. Jangan cemas, karena tersedia slot Memory Card hingga 128GB. Agar semakin handal, Samsung Galaxy J7 Max menggunakan chipset Helio P20 (MT6757) yang berkolaborasi dengan RAM 4GB dan ada juga ARM Mali T-880 MP2 900MHz.

3 Cara Reset Samsung Galaxy J7 / Prime / Pro / Max

Cara Reset Samsung J7
Untuk mengantisipasi masalah yang kelak akan muncul di HP ini, Samsung membekalinya dengan fitur reset. Dengan adanya fitur ini nantinya akan memudahkan kalian untuk melakukan reset data pabrik atau kembali ke pengaturan pabrik.

Semakin lama Samsung J7 ini kalian gunakan, tentunya akan ada masanya dimana akan mengalami masalah seperti kehabisan ruang penyimpanan, kemasukan virus, kinerja yang semakin menurut terasa lemot bahkan masalah tidak bisa booting atau bootloop dapat menimpa HP kalian.

Solusi pertama yang harus kalian coba adalah dengan melakukan reset. Ada 3 opsi yang disediakan oleh Samsung yang bisa kalian gunakan untuk mereset HP Samsung J7 ini.

Sebelum melakukan reset lakukan backup terlebih dahulu, karena akan menghapus semua data dan juga pastikan masih ingat dengan Akun Google beserta Akun Samsung.

1. Factory Reset

Factory Reset adalah cara paling mudah yang bisa kalian gunakan, dimana fitur ini terdapat pada menu pengaturan. Kalian bisa menggunakan opsi ini untuk membersihkan ruang penyimpanan agar lega kembali, menghilangkan virus atau malware atau mengembalikan kinerjanya seperti saat pertama kali membeli HP ini.

Untuk cara factory reset Samsung J7 dapat kalian ikuti arahan dibawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan pada Samsung J7.
  2. Pilih menu Cadangkan dan reset.
  3. Pilih menu Reset data pabrik.
  4. Pilih pada Reset Perangkat.
  5. Masukkan kunci/pola layar lalu pilih Lanjutkan.
  6. Konfirmasikan bahwa kalian memahami bahwa semua data akan dihapus dengan mengetuk Hapus Semua.
  7. Perangkat kalian akan memulai ulang dan memulai Reset Data Pabrik.

2. Hard Reset

Hard Reset bisa kalian gunakan apabila kondisi Samsung J7 mengalami bootloop alias tidak bisa masuk ke beranda. Kalian bisa memanfaatkan menu reset yang ada di Recovery.

Untuk cara masuk ke recovery ini membutuhkan trik 3 jari agar bisa diakses. Setelah berhasil masuk ke Recovery kalian akan menemukan menu Wipe Data.

  1. Matikan Samsung J7 kalian terlebih dahulu.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume Atas and tombol Home kemudian tombol Power.
  3. Setelah muncul logo Samsung lepaskan tombol Power.
  4. Tunggu beberapa saat sampai masuk ke Recovery Mode.
  5. Arahkan kursor ke menu Wipe data / factory reset dengan menggunakan tombol Volume Bawah.
  6. Kemudian klik dengan menggunakan tombol Power.
  7. Pilih menu Yes — delete all user data.
  8. Tunggu sampai proses reset selesai kemudian pilih Reboot system now.

3. Reset via Find My Mobile

Metode ini dapat digunakan jika Samsung J7 kalian hilang ataupun di curi orang. Kalian bisa mereset melalui situs resmi Samsung. Asalkan masih ingat Akun Samsung yang terdaftar di handphone kalian.

  1. Masuk ke https://findmymobile.samsung.com.
  2. Isi Samsung Akun dan sandinya.
  3. Pilih Perangkat dari menu di sebelah kiri.
  4. Pilih opsi Hapus Data.
  5. Selanjutnya konfirmasi dengan memilih tombol Hapus.

Itulah dia 3 cara reset ponsel Samsung Galaxy J7 berbasis Android Marshmallow dan Nougat dengan mudah, cepat, dan aman.

Jika kalian masih belum paham juga dengan reset Samsung Galaxy J7/Prime/Pro/Max ini, Silahkan berkomentar di bawah ini, dan kami akan mencoba membantu kesulitan yang kalian alami.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *