Home / Tips Android / Cara Mengaktifkan Smartfren 4G dan Volte di Xiaomi Redmi S2

Cara Mengaktifkan Smartfren 4G dan Volte di Xiaomi Redmi S2

Rata-rata smartphone yang di rilis tahun 2017 keatas sudah support jaringan 4G dan salah satunya smartphone Xiaomi Redmi S2 yang dirilis pada tahun 2018. Dengan akses internet pada jaringan 4G otomatis kalian akan mendapatkan kecepatan yang lebih baik di banding dengan koneksi 3G.

Redmi S2 dibekali oleh Xiaomi dengan spsesifikasi yang bisa di bilang cukup gahar karena sudah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang berkecepatan octa core 2.0 GHz, GPU Adreno 506, dan RAM 3 GB, Redmi S2 mampu menjalankan multitasking dengan baik. Untuk sistem operasi, Redmi S2 sudah dibekali dengan Android Oreo 8.1 dan firmware MIUI 9.5 bawaan dari Xiaomi.

Dalam hal desain Redmi S2 ini terlihat stylish, karena sudah mengusung tampilan layar penuh berukuran 5,99 inch dengan aspek rasio 18:9.

Apakah Smartfren Bisa Digunakan Di Redmi S2?

Dal hal konektivitas Redmi S2 ini sudah mendukung jaringan 4G dimana Xiaomi sudah membenamkan chip 4G yang support berbagai frekuensi yang digunakan operator indonesia seperti Band3 (1800 Mhz), Band5 (850 Mhz), Band8 (900 Mhz), Band40 (TDD 2300 Mhz).

Smartfren saat ini beroperasi apda jaringan 4G dengan Band5 dan Band40, kedua frekuensi 4G ini di miliki oleh Redmi S2 jadi bisa di pastikan kalau kalian bisa memakai kartu 4G kepunyaan Smartfren.

Perlu juga kalian ketahui kalau Smartfren saat ini sudah tidak menggunakan CDMA lagi, mereka sudah full menggunakan jaringan 4G saja. Untuk layanan komunikasi di jaringan 4G mereka sudah menyiapkan teknologi yang bernama VOLTE (Voice Over LTE) dimana kita bisa melakukan panggilan suara dan SMS melalui LTE 4G.

Nah, sekarang bagaimana cara mengaktifkan Smartfren di Redmi S2?
Sebenarnya otomatis akan bisa langsung muncul sinyal Smartfren setelah kartunya di masukan di Redmi S2, tapi memang ada beberapa yang mengalami kendala tidak munculnya sinyal ataupun tidak bisa mengakses internet.

Untuk hal ini kalian perlu melakukan konfigurasi ulang APN Smartfren, untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti petunjuknya di bawah ini.

Cara Setting APN Smartfren Di Redmi S2

  1. Kartu Smartfren pasangkan di SIM 1
  2. Selanjutnya setting pengaturan default internet. Buka Setelan berikutnya pilih Kartu SIM Dan Jaringan Seluler dibagian bawah di pilihan Internet kalian pilih Smartfren
  3. Langkah selanjutnya kalian pastikan dulu SIM 2 pada Tipe Jaringan prioritasnya di set ke 2G saja (hemat batere). Buka SetelanKartu SIM Dan Jaringan Seluler – klik Sim 2Tipe jaringan prioritas – pilih 2G saja (hemat batere)
  4. Setelah itu buka Telepon dan dial ke *#*#4636#*#*. Nanti akan terbuka menu Menguji
  5. Di settingan tersebut, kalian pilih Informasi Telepon1
  6. Di situ ada opsi Setel jaringan yang disukai. Kamu pilih LTE Only atau LTE/CDMA Auto (PRL). Tunggu beberapa saat sampai sinyal Smartfren muncul.
  7. Untuk menggunakan internet Smartfren, kalian harus menambahkan APN terlebih dahulu. Untuk menambahkan APN smartfren, kalian klik SIM 1 (Smartfren) kemudian pilih Nama Titik Akses (APN)
  8. Sekarang kalian pilih APN baru dan isi seperti di bawah ini, yang lain tidak perlu di isi.
    Nama
    Smartfren
    APN
    Smartfren4G
    Nama Pengguna
    smartfren
    Password
    smartfren
    MCC
    510
    MNC
    28

    Sekarang kalian simpan settingan APN ini dengan mengklik bulatan yang ada di bawah dan pilih Simpan

Cara Mengaktifkan VOLTE Redmi S2

Sebenarnya otomatis Volte akan aktif, kalian bisa lihat pengaturanya di Kartu SIM Dan Jaringan Seluler. Tapi kalau memang belum muncul juga Volte Smartfren, kalian bisa ikuti trik di bawah ini.
1. Setting lokasi ke India atau Thailand
2. Dial ke *#*#86583#*#*. Nanti muncul Volte carrier check Was Disabled.

Alternatif lain untuk bisa melakukan panggilan via Volte di Redmi S2 dapat menggunakan aplikasi Smart VoLTE. Aplikasi Smart VoLTE dapat diunduh oleh pengguna di Google Playstore.

Sekarang pasti kalian sudah bisa mengakses internet Smartfren dan menggunakan layanan Volte mereka.

Semoga tutorial ini bisa bermanfaat buat pengguna Redmi S2.

Loading...

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!