Home / Cara Root / Cara Root Dan Pasang TWRP Samsung Galaxy J2 Prime (Lengkap + Gambar)

Cara Root Dan Pasang TWRP Samsung Galaxy J2 Prime (Lengkap + Gambar)

Cara root dan pasang TWRP Samsung Galaxy J2 Prime – Bagi sebagian pengguna Galaxy J2 Prime ini masih terasa kurang, mereka ingin lebih lagi meningkatkan kemampuan dari smartphone Samsung ini. Biasanya, langkah awal yang harus adalah dengan melakukan root terlebih dahulu.

Seperti kita ketahui, Galaxy J2 Prime dibekali dengan chipset MediaTek MT6737T yang memiliki prosessor berkecepatan Quad-core 1.4GHz Cortex-A53 64-bit dan pengolah grafis GPU Mali-T720MP2, serta dukungan RAM sebesar 1.5GB serta penyimpanan internal sebesar 8 GB yang dapat kita perluas kapasitas simpannya sampai dengan 256 GB melalui microSD card.

Samsung Galaxy J2 Prime memiliki ukuran layar 5.0 inchi yang resolusinya 540 x 960 pixels serta densitas piksel 220 ppi, menjadi ukuran yang pas untuk pengalaman hiburan yang lebih maksimal.

Smartphone ini yang bekerja dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow ini tersedia bersama fitur koneksi jaringan 4G LTE untuk mendukung sambungan internet cepat yang bisa dilakukan dimana saja sepanjang tersedia jaringannya.

Sampai saat ini Android 6.0 keatas belum bisa diroot tanpa menggunakan PC, aplikasi-aplikasi seperti Kingroot, KingoRoot sudah tidak mampu lagi membuka akses root di perangkat Android Marshmallow keatas.

Untuk mendapatkan akses root pada Samsung J2 Prime ini, kita harus terlebih dahulu memasang TWRP melalui ODIN (PC) baru setelah itu bisa di root dengan SuperSU atau Magisk via TWRP.

Bahan Root Samsung Galaxy J2 Prime

  1. odin3.12.5 – Setelah itu extract file ODIN di PC / Laptop kalian, sebaiknya extract di drive C.
  2. Samsung USB Driver – Install juga USB Driver ini di PC/Laptop.
  3. TWRP Samsung Galaxy J2 Prime – Letakan file TWRP ini di PC/Laptop.
  4. Magisk Root Tool – Simpan file Magisk ini di Sdcard (jangan letakan di dalam folder).
  5. No verity No Encrypt Ashyx – Simpan juga di Sdcard.

Kalau semua bahan diatas sudah siap, silahkan ikuti prosesnya secara bertahap. Pertama kita akan memasang TWRP terlebih dahulu di Galaxy J2 Prime kita.

Cara Pasang TWRP Samsung Galaxy J2 Prime

  1. Pertama kalian aktifkan terlebih dahulu Developer Option dan USB Debugging, Caranya buka Pengaturan dan pilih Tentang perangkat kemudian info prkt lunak selanjutnya tap sebanyak 5x berturut-turut pada nomor versi.
  2. Kalau sudah, kalian kembali ke menu utama pengaturan, lalu klik pilihan opsi pengembang, kemudian aktifkan OEM dan mendebug usb.
  3. Sekarang matikan J2 Prime kalian, lalu masuk mode download, dengan cara tekan tombol Home + Power + Volume bawah secara bersamaan. Kalau sudah muncul gambar seperti dibawah ini, kalian tekan tombol Volume Atas.
    download mode samsung
  4. Sekarang Galaxy J2 Prime akan masuk ke Download mode seperti screenshot ini. Setelah itu sambungkan Hp kalian ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  5. Jalankan ODIN yang sudah kalian install di PC, klik kanan kemudian pilih Run as Administrator. Kalau ODIN behasil mendeteksi J2 Prime kalian, disitu akan terlihat pesan <0> Added!! pada bagian Log Odin.
    added odin
  6. Langkah selanjutnya, kalian pilih tab Option kemudian hilangkan centang pada Auto Reboot. Untuk yang lainya biarkan saja.
  7. Berikutnya, kalian klik tombol AP pada menu odin cari file TWRP twrp_3.1.0-1_sm-g532_5617b.tar di PC / Laptop yang tadi kalian download. Selanjutnya klik tombol Start.
  8. Sekarang tinggal menunggu proses instalasi TWRP selesai. Kalau berhasil, akan terlihat tulisan PASS. Pada tahap ini, tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB.

Sekarang TWRP Samsung Galaxy J2 Prime sudah terpasang, kalian bisa melanjutkan proses berikutnya dengan melakukan root menggunakan Magisk. Untuk caranya bisa mengikuti tutorialnya berikut ini.

Cara Root Sasmung Galaxy J2 Prime

  1. Selanjutnya masuk TWRP mode, dengan cara tekan tombol Home + Power + Volume atas, secara bersamaan. Kalau sudah berhasil masuk ke TWRP, pilih Allow modifications to system.
  2. Sekarang pilih tombol Install kemudian cari file Magisk-v16.0.zip dan lanjut dengan mengeser Swipe To Flash.
  3. Kalau sudah, berikutnya install lagi file no-verity-no-encrypt_ashyx.zip seperti cara diatas.
  4. Kalau sudah, silahkan memilih tombol Reboot. Proses reboot memang agak sedikit lama, kalau sidah berhasil akan nampak aplikasi Magisk sudah terpasang di Galaxy J2 Prime kalian.
  5. Sampai disini proses instalasi TWRP dan Root Samsung Galaxy J2 Prime telah selesai.

Dengan terpasangnya TWRP, kalian juga sudah bisa menginstall berbagai custom ROM maupun UI modifikasi yang keren-keren yang telah dishare oleh para opreker kita.

Demikianlah tutorial tentang Cara pasang TWRP dan root menggunakan Magisk pada Samsung Galaxy J2 Prime, semoga artikel ini bermanfaat. Jika kalian ingin mengganti font bisa mengikuti tutorialnya cara mengubah bentuk font Samsung J2 yang pernah kami share beberapa waktu yang lalu.

Loading...

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!